Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning dalam Mengajarkan Al-Qur'an Hadits di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo

Oktavia, Lora (2023) Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning dalam Mengajarkan Al-Qur'an Hadits di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190397_LORA OKTAVIA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (578kB)

Abstract

Oktavia, Lora. 2023. Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning dalam Mengajarkan Al-Qur’an Hadits di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Contextual Teaching and Learning dan Al-Qur’an Hadits.

Dalam penerapan metode pembelajaran, terlihat bahwa guru kurang melibatkan siswa secara utuh serta terlalu terpaku pada teori sehingga tidak memberikan hubungan antara materi dengan kehiduan secara nyata yang mana siswa tidak dapat mengimplementasikan pengetahuannya kedalam kehidupan sehari-hari. Dengan maraknya permasalaahan tersebut guru al-Qur’an Hadits kelas X MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning dapat melibatkan siswa memahami materi yang kemudian siswa didorong untuk menghubungkan materi dengan kehidupan nyata. Berdasarkan penelitian metode tersebut peneliti melakukan penelitian di MA Muhammadiyah 2 Yanggong terkait penerapan metode Contextual Teaching and Learning guru mata pelajaran al-Qur’an Hadits di kelas X.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaanmetode Contextual Teaching and Learningdalam mengajarkan al-Qur’an Hadits Kelas X MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo; (2) Pelaksanaanpembelajaran menggunakanmetode Contextual Teaching and Learningdalam mengajarkan al-Qur’an Hadits Kelas X MA Muhammadiyah 2 YanggongJenangan Ponorogo; dan (3) Evaluasi pembelajaran menggunakanmetode Contextual Teaching and Learningdalam mengajarkan al-Qur’an Hadits Kelas X MA Muhammadiyah 2 YanggongJenangan Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model penelitian deskriptif kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dimana sumber data dari penelitian ini ialah guru al-Qur’an Hadits dan siswa kelas X MA Muhammadiyah 2 YanggongJenangan Ponorogo. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran dalam mengajarkan al-Qur’an Hadits dengan merancang sebuah RPP sebagai aturan dalam proses belajar menggunakan metode Contextual Teaching and Learning. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Contextual Teaching and Learning dalam mengajarkan al-Qur’an Hadits menerapkan tujuh komponen yaitu kontrutivisme, bertanya, menemukan, pemodelan, masyarakat belajar, refleksi, dan penilaian sebenarnya agar pelaksanaan pembelajaran dapat bermakna untuk melibatkan siswa dalam proses belajar. (3) Evaluasi yang dilaksanakan tidak hanya melalui hasil ulangan tulisan tetapi juga dengan menilai keaktifan ketika di kelas baik berpendapat, menjawab pertanyaan dan kuis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:30
Last Modified: 15 Jun 2023 06:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24688

Actions (login required)

View Item View Item