Kepercayaan Diri (Self Confidence) pada Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo

Sintia, Reni Sintia (2023) Kepercayaan Diri (Self Confidence) pada Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190291_Reni Sintia_Skripsi_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sintia, Reni. 2023. Kepercayaan Diri (Self Confidence) pada Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kepercayaan diri (self confidence), peserta didik, pelajaran matematika.
Dalam skripsi ini peneliti membahas tentang kepercayaan diri (self confidence) pada pelajaran matematika peserta didik kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengembangkan nilai karakter percaya diri pada peserta didik khususnya dalam pelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari fenomena– fenomena yang terjadi di lingkungan lembaga pendidikan yang meperlihatkan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang masih dianggap sulit oleh peserta didik, bahkan pelajaran ini menjadikan sebagian peserta didik mengalami rasa gugup, takut, tidak yakin dengan kemampuan diri, dan hilangnya kepercayaan diri mereka apabila menghadapinya. Kepercayaan diri dalam pelajaran matematika sangatlah penting karena dapat mengoptimalkan potensi seseorang dalam pelajaran matmatika dan sangat berguna bagi kehidupan kedepanya karena matematika adalah ilmu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari–hari. Berbagai penelitian terkait rasa percaya diri pada pelajaran matematika telah banyak dilakukan, namun masih sedikit yang mengambil fokus pada subjek tingkat sekolah dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan mengenai bagaimana kepercayaan diri (self confidence) peserta didik kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo; (2) mendeskripsikan apa saja faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri (self confidence) dalam pelajaran matematika peserta didik kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo; (3) mendeskripsikan bagaimana dampak kepercayaan diri (self confidence) dalam pelajaran matematika peserta didik kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ada tiga tahap yaitu: reduksi data, display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) kepercayaan diri (self confidence) peserta didik kelas IV di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo sudah cukup positif, namun ada beberapa peserta didik yang masih sering menunjukan perasaan cemas, malu, deg-degan, dan gugup saat diminta menjawab pertanyaan di depan kelas, selain itu ada juga beberapa peserta didik yang mencontek jawaban PR temanya, hal ini menunjukan sikap masih bergantung dengan orang lain; (2) faktor–faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri (self confidence) peserta didik kelas IV SD Tarbiyaul Islam Kertosari Babadan Ponorogo dalam pelajaran matematika ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: konsep diri yang positif seperti yakin akan kemampuan diri, haga diri yang tinggi dan tidak merasa renah diri, serta kondisi fisik dan kemampuan fisik yang sehat dalam melakukan aktivitas pembelajaran matematika, selanjutnya ada juga faktor eksternal yang meliputi: pendidikan seperti mengikuti les dan bimbingan, mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, pembiasaan sering berlatih soal, lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat yang kondusif untuk tumbuh kembang percaya diri, serta pengalaman hidup buruk yang membuat percaya diri rendah dan pengalaman hidup baik yang akan membuat percaya diri tinggi; (3) dampak dari kepercayaan diri (self confidence) pada pelajaran matematika peserta didik kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo yaitu: peserta didik akan lebih faham dan memiliki kesadaran diri terhadap kemampuan matematikanya, selanjutnya peserta didik akan mampu untuk untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam pelajaran matematika, dan yang terakhir peserta didik akan mengetahui bahwa matematika adalah ilmu yang sangat bermanfaat bahkan untuk kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:34
Last Modified: 15 Jun 2023 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24677

Actions (login required)

View Item View Item