Manajemen kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Studi Kasus Di SMP Negeri 5 Ponorogo

Ma'wa, Lia Jannatul (2023) Manajemen kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Studi Kasus Di SMP Negeri 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190040_ LIA JANNATUL MA'WA_ MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ma’wa, Jannatul Lia. 2023. Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan di SMP Negeri 5 ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ghafar, M. Pd.I
Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan, Kepramukaan.
Dalam setiap Lembaga pendidikan manajemen kesiswaan berfungsi untuk mendidik dan mengatur tentang berbagai permasalahan para siswa. Demi meningkatkan kedisiplinan para siswa, Lembaga menggunakan beberapa upaya dalam mewujudkan hal tersebut yang diawasi oleh manajemen kesiswaan. Di SMP Negeri 5 Ponorogo itu pramuka ektrakurikuker wajib sehingga wajib diikuti peserta didik kelas 7 dan dihendel oleh kelas 8 karena dijadikan sebagai dewan penggalang. Untuk meningkatkan kedisiplinan dilakukan Latihan penjadwalan secara continue dilakukan secara rutin sesuai dengan jadwal. selain itu ada pelatihan khusus yang membentuk peserta didik ini menjiwai rasa kedisiplinan terhadap kegiatan-kegiatan kepramukaan. Dimana dalam meningkatkan mutu kedisiplinan siswa perlu dimiliki agar dapat belajar secara efektif dan efisien. Lalu bisa melatih jiwa yang bertanggung jawab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu disiplin siswa melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 5 Ponorogo, 2) Rekrutmen kesiswaan dalam kegiatan kepramukaan untuk meningkatkan mutu disiplin siswa di SMP Negeri 5 Ponorogo, 3) Evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan mutu disipliin siswa melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 5 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus, serta Teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Pembina pramuka, dan pelatih pramuka. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan memperpanjang masa pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi sumber, triangulasi Teknik dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kesiswaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu disipliin siswa melalui kegiatan kepramukaan di SMPN 5 Ponorogo yaitu dilakukan Ketika ajaran baru, dengan musyawarah dengan guru Pembina pramuka. Lalu dengan musyawarah diketahui tujuan apa yang akan dilakukan, 2) Rekrutmen kesiswaan dalam kegiatan kepramukaan yaitu ekstrakurikuler pramuka diwajibkan bagi kelas 7 yang di hendel kelas 8 karena dijadikan dewan penggalang, 3) serta evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan mutu disipliin siswa melalui kegiatan kepramukaan di SMPN 5 Ponorogo yaitu semua sudah berjalan dengan baik dan terlaksana. Mulai dari musyawarah atau pertemuan kecil yang membahas apakah kekurangan dari program selama setahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:08
Last Modified: 15 Jun 2023 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24673

Actions (login required)

View Item View Item