Implementasi Kaidah Fiqhiyah Dalam Perkara Dispensasi Kawin Di Pengadilan Agama Pacitan

Rizki, Muhamad (2023) Implementasi Kaidah Fiqhiyah Dalam Perkara Dispensasi Kawin Di Pengadilan Agama Pacitan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS_MUHAMAD RIZKI_503210035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permohonan dispensasi kawin jumlahnya terus meningkat, padahal pernikahan di bawah umur sangat beresiko, banyak penelitian yang menjelaskan dampak buruk akibat dari pernikahan dini. Pada hal ini menjadikan dilema bagi Pengadilan Agama Pacitan antara mengabulkan atau menolak permohonan dispensasi kawin. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti akan meneliti dengan menggunakan ketiga rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Bagaimana pandangan hakim terhadap kaidah ushuliyah sebagai argumentasi atau pertimbangan hukum dalam menangani perkara diska di Pengadilan Agama Pacitan, Kedua, Bagimana hakim menerapkan kaidah Ushuliyah dalam menangani perkara diska di Pengadilan Agama Pacitan, dan yang Ketiga, Bagaimana Implikasi dari penerapan kaidah ushuliyah terhadap putusan hakim dalam menangani perkara diska di Pengadilan Agama Pacitan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan tehnik triangulasi data. Hasil dari penelitian bahwa kaidah fiqhiyah yang sering digunakan adalah tiga kaidah yaitu Menolak Kerusakan harus didahulukan daripada mendatangkan kemaslahatan, Kemudharatan-kemudharatan itu membolehkan larangan-larangan dan Kemadharatan yang bersifat khusus harus ditanggung untuk menghindari kemadharatan yang bersifat umum.
Kata Kunci: Implementasi, Ushuliyah, Dispensasi Kawin

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda, Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:07
Last Modified: 15 Jun 2023 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24672

Actions (login required)

View Item View Item