..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM METODE DISKUSI DAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DI MA PUTRI MA’ARIF PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rumiati, Rumiati (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM METODE DISKUSI DAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DI MA PUTRI MA’ARIF PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
201190455_RUMIATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rumiati. 2023. Pengaruh Persepsi Siswa Dalam Metode Diskusi dan Inkuiri Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Di MA Putri Ma’arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Ju’subaidi, M.Ag.

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Metode Diskusi, Inkuiri, Al-Qur’an Hadist, KemampTuan Berfikir Kritis.

Kemampuan berfikir kritis adalah untuk mengembangkan suatu cara berfikir siswa secara maksimal agar memberikan sebuah penghargaan sebagai pribadi yang telah diberikan suatu kesempatan dalam mengembangkan pribadinya dengan baik. Sehingga, siswa dapat mengasah suatu kemampuan berfikir kritisnya secara jelas dan rasional agar mengungkapkan sebuah gagasan, membuat keputusan, menganalisis dan memecahkan suatu permasalahan-permasalahan dengan baik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menemukan adanya suatu permasalahan dalam persepsi siswa dalam metode diskusi dan inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis di MA Putri Ma’arif Ponorogo yang rendah. Dikarenakan proses pembelajaran kurang menekankan pengembangan kemampuan berfikir kritis siswa, serta kurangnya kegiatan eksperimen, observasi, menganalisis, dan penyelidikan untuk mengasah kemampuan berfikir kritis siswa.
Tujuan penelitian adalah: 1) Menjelaskan pengaruh persepsi siswa dalam metode diskusi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap kemampuan berfikir kritis di MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023 2) Menjelaskan pengaruh persepsi siswa dalam metode inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap kemampuan berfikir kritis di MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023 3) Menjelaskan pengaruh persepsi siswa dalam metode diskusi dan inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap kemampuan berfikir kritis di MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023.
Adapun Penelitan ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif ex post facto Penelitian ex post facto merupakan penelitian dengan penyelidikan empiris yang mana sistematis di ilmuan tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena eksistensi dari variabel ini telah terjadi, ataupun karena variabel ini pada dasarnya tidak dapat dimanipulasi. Data yang diperoleh menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi yang diambil dari sampel 71 siswa MA Putri Ma’arif Ponorogo.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) persepsi siswa dalam metode diskusi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis di MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023 dengan besaranya pengaruh sebesar 27,9%, 2) persepsi siswa dalam metode inkuiri berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis di MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023 dengan besaranya pengaruh sebesar39,5%, 3) adanya pengaruh signifikan persepsi siswa dalam metode diskusi dan inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap kemampuan berfikir kritis di MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023 dengan besarnya pengaruh sebesar 41%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:04
Last Modified: 15 Jun 2023 04:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24671

Actions (login required)

View Item View Item