ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM RELIGI CINTA SUBUH KARYA INDRA GUNAWAN

Nafisah, Nu'ma Nafisah (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM RELIGI CINTA SUBUH KARYA INDRA GUNAWAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190205_NU'MA NAFISAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nafisah, Nu’ma. 2023. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Religi Cinta Subuh Karya Indra Gunawan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dian Pratiwi, MM.
Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Islam, Film Religi Cinta Subuh.
Nilai pendidikan Islam mencakup akidah, akhlak dan syariah yang merupakan landasan dalam pendidikan Islam dan bertujuan untuk membentuk individu yang beriman dan berakhlak mulia. Maka sudah seharusnya pendidikan Islam mampu memberikan pemahaman dan pandangan tentang kehidupan yang mencakup aspek spritual, moral, itelektual dan sosial. Diperlukan fasilitas dan media yang tepat agar pendidikan Islam dapat berjalan secara efektif, dengan memanfaatkan media teknologi audio visual dalam pembelajaran secara dioptimalkan agar proses transfer ilmu pengetahuan antara pendidik dan peserta didik dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Film menjadi salah satu media yang efektif dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam dalam film Cinta Subuh. (2) untuk mengetaui nilai tauladan yang terdapat dalam film Cinta Subuh. (3) untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Cinta Subuh pada materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah film religi Cinta Subuh karya Indra Gunawan, data dikumpulkan langsung oleh peneliti dalam adegan-adegan tertentu melalui proses pengamatan tayangan dan pencatatan dialog-dialog menjadi sebuah kalimat. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini menggunakan berbagai macam literatur-literatur pendukung yang berhubungan dengan objek penelitian.
Temuan penelitian ini: (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film Cinta Subuh meliputi: tabligh, taqwa, syirik, sholat, berdoa, hukum berjabat tangan, khitbah, hukum menjawab salam, birull walidain, tolong- menolong, sopan, bersyukur, istiqomah, mengajak kepada kebaikan, jujur. (2) Nilai tauladan dalam film Cinta Subuh meliputi: konsisten dalam menjalankan ibadah, menjauhi perbuatan zina, berpegang teguh pada prinsip kejujuran, tidak berprasangka buruk, memiliki niat yang baik, dan tabah dalam menghadapi masalah. (3) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Cinta Subuh dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP meliputi: Birull walidain yang relevan dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII yaitu pada bab ke-10 mengenai hormat dan patuh kepada orang tua. Sopan relevan dengan materi Pendidikan Agama Islam kelas IX Sekolah Menengah Pertama yaitu pada bab ke-9 mengenai mengasah pribadi yang unggul, dengan tata krama sopan, santun dan malu. Jujur relevan dengan materi Pendidikan Agama Islam kelas VIII Sekolah Menengah Pertama yaitu pada bab ke-3 mengenai menjadi pribadi beritergritas dengan sifat amanah dan jujur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: DIAN PRATIWI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:03
Last Modified: 15 Jun 2023 04:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24670

Actions (login required)

View Item View Item