Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 Ponorogo

Agustin, Ayuk Eka (2023) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
AYUK EKA AGUSTIN_206180080_MPI.pdf

Download (23MB)

Abstract

Agustin, Ayuk Eka. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci : Manajemen SDM, Mutu Pendidikan
Manajemen sumber daya manusia berperan penting dalam menunjang kemajuan pendidikan di masa yang akan datang. Pengelolaan sumber daya manusia menjadi bagian yang sangat penting dari tugas manajemen organisasi, jika sumber daya manusia tidak dikelola dengan baik maka efektivitas tidak akan tercapai. Oleh karena itu, manajemen sumber daya manusia sebagai pengatur dan pengelola pendidikan sehingga dihasilkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Untuk menghasilkan suatu mutu pendidikan yang berkualitas maka terdapat tenaga pendidik yang profesional yang mampu memberikan layanan bagi peserta didiknya, sehingga peserta didik dapat menerima penyampaian materi yang diberikan oleh tenaga pendidik, dengan hal tersebut akan menghasilakn lulusan yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan pengelolaan SDM dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Ponorogo; 2). Mendeskripsikan perekrutan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Ponorogo; 3). Mendeskripsikan pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Ponorogo; dan 4). Mendeskripsikan monitoring dan evaluasi sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Ponorogo.
Untuk mendiskripsikan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan berupa kalimat atau gambaran yang memiliki makna dan mampu memacu timbulnya pemahaman yang lebih nyata. Pada pengumpulan data, peneliti ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan cara menganalisis data yaitu dengan kondensasi data, menyajikan dan menarik kesimpulan. Serta teknik keabsahan data meliputi perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan: 1). Perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan dimulai dari strategi penyusunan perencanaan, strategi pelaksanaan perencanaan, waktu pelaksanaan perencanaan, pihak yang terkait dalam penyusunan perencanaan, serta ada kendala dan solusi dalam suatu pelaksanaan perencanaan.; 2). Rekrutmen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan terdapat model rekrutmen, proses rekrutmen, kriteria perekrutan, pihak yang mennyeleksi rekrutmen, landasan yang digunakan saak pelaksanaan rekrutmen, target pelaksanaan rekrutmen, kendala dan solusi pelaksanaan rekrutmen, serta pengaruh rekrutmen sumber daya manusia; 3). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan dilakukan berupa workshop kurikulum merdeka, strategi pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia, sumber daya manusia sangat penting dilakukan karena perkembangan ilmu yang luar biasa dan untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik, terdapat kendala dan solusi dalam pelaksanaan pengembangan dan pelatihan, serta terdapat pihak yang terkait dalam pelaksanaan pengembangan dan pelatihan; dan 4). Monitoring dan evaluasi sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan terdapat proses monitoring dan evaluasi, dalam pelaksanaan monitoring terdapat pihak yang terlibat yaitu, pihak eksternal dan internal, monitoring dan evaluasi dijadwalkan setiap awal bulan, serta terdapat kendala dan solusi saaat pelaksanaan monitoring dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:02
Last Modified: 15 Jun 2023 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24669

Actions (login required)

View Item View Item