NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM FILM HOROR “MAKMUM” KARYA RIZA PAHLEVI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Wicaksono, Irfan Waskito (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM FILM HOROR “MAKMUM” KARYA RIZA PAHLEVI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210317129_IRFAN WASKITO WICAKSONO_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Krisis moral di Indonesia semakin parah dari waktu ke waktu. Yang menjadi penyebab krisis moral salah satunya ialah perkembangan teknologi yang sedemikian cepat, yang juga menjadi pemicu moral hazard di kalangan remaja. Di sisi lain, akibat perkembangan teknologi tersebut, menjadikan sumber belajar semakin beragam. Sumber belajar siswa kini tak hanya buku teks dan guru, akan tetapi masih banyak sumber lain baik yang di desain maupun non desain atau belum dioptimalkan sebagai sumber belajar. Dari sekian banyak media pembelajaran, salah satu media pembelajaran yang patut dipertimbangkan yaitu film. Format film yang berupa audio video mampu menembus perasaan dan moral yang disampaikan pembuat film. Salah satu film yang banyak terdapat nilai-nilai pendidikan moral yaitu film makmum. Film ini layak ditonton di kalangan remaja maupun pelajar

Penelitian ini memiliki tujuan antara lain: 1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan moral dalam film horor “Makmum” karya Riza Pahlevi. 2) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan moral dalam film horor “Makmum” karya Riza Pahlevi terhadap Pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan ialah library research, yaitu penelitian yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Data primer yang digunakan yaitu film makmum sedangkan data sekunder yang digunakan berasal dari internet, buku, maupun sumber lain yang mendukung data primer terkait film Makmum. sedangkan Teknik pengumpulan datanya ialah Teknik dokumentasi, yaitu pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, gambar, maupun elektronik..

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) nilai moral dalam film makmum dikelompokkan menjadi tiga yaitu: (a) nilai moral kepada diri sendiri meliputi kedisiplinan. (b) Nilai moral manusia dengan sesama meliputi Tolong-menolong, peduli, saling memaafkan, dan sabar. (c) Nilai moral manusia dengan tuhan melingkupi mendirikan salat, menjaga kekhusyukan salat, Meminta pertolongan Allah, dan menyampaikan ajaran Islam. (2) nilai-nilai moral tersebut terdapat relevansi terhadap pendidikan Islam sebagai berikut: (a) Nilai Pendidikan Moral manusia terhadap diri sendiri terkait kedisiplinan relevan dengan QS. Al-‘Ashr ayat 1-3 yang menjelaskan tentang menghargai waktu. (b) Nilai moral manusia terhadap sesama antara lain: tolong menolong relevan dengan QS. al-Maidah: 2 terkait anjuran ta’awun, Memaafkan relevan dengan QS. Al-A’raf: 199 terkait kemuliaan saling memafkan, sabar relevan dengan 'Ali 'Imrân: 142 tentang keistimewaan bersabar, dan Sikap peduli relevan dengan Balad ayat 12-18 tentang anjuran memiliki sifat peduli. (c) nilai moral manusia terhadap tuhan antara lain: Mendirikan Salat relevan dengan QS. al-Baqarah: 153 tentang kewajiban salat, Khusyuk dalam salat relevan dengan QS. al-Baqarah ayat 45-46 tentang keutamaan khusyuk, meminta pertolongan Allah relevan dengan QS. Al-A'raf ayat 200 tentang keharusan umat Islam untuk meminta pertolongan kepada Allah, menyampaikan relevan dengan QS. Ali-Imran: 187 tentang kewajiban tabligh.

Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Moral, Film, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:01
Last Modified: 15 Jun 2023 04:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24666

Actions (login required)

View Item View Item