Analisis Fenomenologi Terhadap Peran Istri Sebagai Pencari Nafkah Utama Di Kabupaten Pacitan

Tantika, Rahma Mardhiana (2023) Analisis Fenomenologi Terhadap Peran Istri Sebagai Pencari Nafkah Utama Di Kabupaten Pacitan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis_Rahma Mardhiana Tantika_503210045.pdf

Download (983kB)

Abstract

Di Kabupaten Pacitan terdapat 17.237 jiwa wanita sebagai pencari nafkah utama. Pasalnya nafkah merupakan kewajiban seorang suami. Hal tersebut disebabkan dari beberapa faktor, yaitu bekerja dikarenakan suami meninggal, atau sakit dan bekerja dikarenakan dorongan dari penghasilan suami yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Berangkat dari latarbelakang tersebut peneliti mengambil rumusan masalah yaitu Bagaimana kehidupan relasi keluarga dimana istri berperan sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga? DanBagaimana Implikasi Peran Istri Sebagai Pencari Nafkah Utama Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga?Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik triangulasi data, dengan menggunakan teori Fenomenologi. Hasil dari pembahasan pada penelitian ini. Relasi keluarga wanita pencari nafkah utama dalam keluarga maka menurut hasil penelitian terdapat dua keluarga yang berakhir cerai dikarenakan konflik yang terjadi didalam keluarga tersebut. Peran wanita pencari nafkah dapat mempengaruhi tingkat keharmonisan keluarga. Hal ini dibuktikan terdapat dua keluarga yang mengalami perceraian setelah tugas mencari nafkah beralih kepada wanita. Pasalnya hal tersebut terjadi karena tidak adanya keseimbangan dari pembagian tugas kerja dalam keluarga dan dikarenakan faktor ekonomi yang melilit.
Kata Kunci: Wanita, Pencari, Nafkah, Utama

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Agus Purnomo, Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:00
Last Modified: 15 Jun 2023 04:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24665

Actions (login required)

View Item View Item