Pengaruh Covid-19 Terhadap Kenaikan Dispensasi Nikah Di Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan

WIDIYANTO, IMAM RAHMAWAN (2023) Pengaruh Covid-19 Terhadap Kenaikan Dispensasi Nikah Di Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS_Imam Rahmawan W_503210023.pdf

Download (801kB)

Abstract

Permohonan dispensasi kawin terhitung berjumlah 34 ribu dalam jangka waktu Januari hingga Juni 2020. Dimana, dikabulkan sebanyak 97% dan yang meminta permohonan dispensasi tersebut rata-rata merupakan anak dibawah umur sebanyak 60%. Jumlah permohonan dispensasi kawin sangat melonjak secara signifikan dibandingkan sebelumnya yakni berjumlah 23.700. berangkat dari permasalahan di atas maka peneliti mengambil tema Pengaruh Covid-19 Terhadap Kenaikan Dispensasi Nikah Di Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan. Dengan menggunakan dua rumusan masalah yaitu Apa Faktor-Faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan Dispensasi Kawin Di Pengadilan Agama Pacitan ? Bagaimana Covid-19 mempengaruhi kenaikan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Pacitan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan tehnik observasi dan wawancara kepada beberapa informan yang sudah peneliti tentukan. Hasil dari penelitian ini bahwa Covid-19 memiliki pengaruh akan tetapi tidak terlalu besar hanya saja pada kondisi yang memprihatinkan akibat Covid-19 masih ada orang yang melakukan kesempatan di atas kesempitan sehingga menyebabkan dispensasi kawin masih mengalami kenaikan meskipun kondisi keadaan dibatasi segala aktifitasnya.
Kata Kunci : Pengaruh Covid-19 Dispensasi Kawin

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda, Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:58
Last Modified: 15 Jun 2023 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24659

Actions (login required)

View Item View Item