Strategi Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan Di Era Digital

Pratiwi, Nanda Putri (2023) Strategi Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan Di Era Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190056_Nanda Putri Pratiwi_TIPS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Pratiwi, Nanda Putri 2023. Strategi Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan di Era Digital. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M.Pd

Kata Kunci: Strategi, Mata Pelajaran IPS, Sikap Sosial, Era Digital

Hakekat mata pelajaran IPS adalah berkaitan erat dengan karakter seseorang, yang mana sikap sosial harus dimiliki oleh setiap individu, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman yang tentunya juga perkembangan teknologi membuat seseorang banyak terpengaruh oleh sosial media di era digital. Dalam sebuah pembelajaran di sekolah guru mata pelajaran IPS memiliki beberapa strategi dalam meningkatkan sikap sosial siswa di era digital, karena banyak siswa yang di rasa acuh dan cuek dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut karena banyak terpengaruh oleh dunia maya yang mana selama pendemi siswa di rumah dan selalu berpacu terhadap HP sehingga menjadikan siswa sebagai seorang individu yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Dengan ini guru IPS memiliki strategi kebiasaan positif yang selalu di terapkan kepada siswa dan siswinya.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) strategi guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan sikap sosial siswa kelas VIII di era digital; (2) hambatan guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan sikap sosial siswa kelas VIII di era digital dan; (3) hasil dari guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan sikap sosial siswa kelas VIII di era digital. Sehingga bisa mengetahui bagaimana strategi guru mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenanagan dan bagaimana hasil dari strategi tersebut, oleh karena itu peneliti melakukan observasi di SMPN 1 Jenangan serta melakukan wawancara dengan narasumber yang bersangkutan
Adapun penelitian ini di rancang dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menghasilkan data-data deskriptif tertulis yang berupa kata-kata dari narasumber yang bersangkutan, jadi peneliti melakukan wawancara serta observasi ke lapangan tempat peneliti untuk mengambil data. Observasi yang diamati adalah SMPN 1 Jenangan dan siswa siswa SMPN 1 Jenangan serta partisipan peneliti yang di wawancarai adalah Guru Mata Pelajaran IPS, Guru Bimbingan dan Konseling serta Waka Kesiswaan SMPN 1 Jenangan. Dan kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) strategi guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan sikap sosial siswa adalah dengan cara memberi contoh yang baik, memberi teguran, mengumpulkan HP saat pembelajaran dimulai dan menyadarkan akan pentingnya sikap sosial dan kemudian (2) Hambatan yang dialami guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan sikap sosial siswa adalah tontonan di dunia maya, penyalahgunaan teknologi digital, faktor bergaul, dan orang tua sedangkan solusi yang diberikan adalah mengurangi penggunaan HP, Bekerjamasa dengan orang tua siswa, melakukan kebiasaan yang positif serta penanaman sikap sosial, (3) dan untuk hasil dari strategi guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan sikap sosial siswa di era digital adalah siswa berperilaku disiplin dan tanggung jawab, toleransi terhadap sesama, gotong royong dan peduli terhadap lingkungan serta bijak dalam menggunakan sosial media. Dengan demikian dengan adanya perkembangan teknologi yang mana sosial media semakin mempengaruhi kepribadian seorang individu, maka guru IPS memiliki strategi yang demikian guna untuk meningkatkan sikap sosial siswa serta menyadarkan individu akan pentingnya sikap sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:58
Last Modified: 15 Jun 2023 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24658

Actions (login required)

View Item View Item