Manajemen Konflik Pada Keluarga Beda Agama Di Kabupaten Pacitan

Rubianto, Toni Dwi (2023) Manajemen Konflik Pada Keluarga Beda Agama Di Kabupaten Pacitan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS_Toni Dwi Rubianto_503210052.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia, ada beberapa kasus pasangan yang memutuskan untuk menikah beda agama. Setiap pernikahan tidak ada yang tidak lepas dari permasalahan dan konflik. Pertentangan, permasalahan dan konflik adalah hal yang biasa terjadi dalam kehidupan. Perbedaan agama dalam perkawinan dapat menimbulkan tekanan psikososial berupa konflik kejiwaan, yang pada gilirannya mengakibatkan disfungsi perkawinan itu sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis ingin meneliti tentang bagaimana Manajemen Konflik Pada Keluarga Beda Agama Di Kabupaten Pacitan. Dalam penelitian ini peneliti mengambil rumusan masalah Faktor-faktor yang menyebabkan konflik dalam rumah tangga pada pasangan beda agama di Kabupaten Pacitan ? dan Bagaimana Manajemen Konflik dalam pasangan suami istri Beda agama sehingga dapat terjalinnya keluarga harmonis?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data menggunakan teori manajemen konflik. Hasil dari penelitian ini menarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa konflik dalam rumah tangga beda agama. Faktor yang mempengaruhi adalah factor latarbelakang pendidikan dan factor ekonomi. Selain itu dalam rumah tangga pada informan yang kedua dapat menyelesaikan konflik dalam rumah tangga dengan cara musyawarah bersama secara bertahap.
Kata Kunci : Manajemen, Konflik, Perniakahan Beda Agama

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Agus Purnomo, Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:57
Last Modified: 15 Jun 2023 03:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24656

Actions (login required)

View Item View Item