PROBLEMATIKA PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA KELAS V DI MI ISLAMIYAH SOGO BALEREJO MADIUN

Wardani, Enjelia Anggun (2023) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA KELAS V DI MI ISLAMIYAH SOGO BALEREJO MADIUN. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190232_ENJELIA ANGGUN WARDANI_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

AKM merupakan pengganti UN yang telah diadakan tahun 2021 dan 2022. Adanya peraturan pemerintah tentang pelaksanaan AKM Berbasis Komputer dirancang untuk memotret mutu input, proses, dan hasil belajar yang mencerminkan kinerja sekolah. Namun dalam lapangan muncul berbagai masalah, salah satunya kesiapan sekolah yang kurang mulai dari infrastruktur, kesiapan guru dalam memberikan arahan mengenai materi AKM, dan ada beberapa siswa yang belum mahir mengaplikasikan komputer. Maka diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai problematika pelaksanaan AKM.
Tujuan penelitian ini pertama, untuk mengetahui apa saja probelmatika dalam pelaksanaan AKM berbasis komputer pada siswa kelas V MI Islamiyah Sogo. Kedua untuk mengetahui bagaimana upaya mengatasi problematika pelaksanaan AKM berbasis komputer pada siswa kelas V MI Islamiyah Sogo Balerejo Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan menggambarkan kondisi yang ada di lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat problematika yang muncul dilihat dari beberapa aspek yaitu persiapan, pelaksanaan, penyesuaian materi, sarana prasarana, dan hasil AKM. Dari berbagai problematika sekolah berusaha untuk mengupayakan berbagai solusi untuk mengatasi problematika tersebut. Diantaranya dengan motivasi, pemantapan materi, pendampingan, dan penyedian sarana prasarana yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:24
Last Modified: 15 Jun 2023 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24651

Actions (login required)

View Item View Item