Penerapan Budaya Sekolah dalam Pembentukan Akhlak Siswa di M.Ts. Miftahussalam Kambeng Slahung

Panghesti, Yunia Dwi (2023) Penerapan Budaya Sekolah dalam Pembentukan Akhlak Siswa di M.Ts. Miftahussalam Kambeng Slahung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190296_YUNIA DWI PANGHESTI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Panghesti, Yunia Dwi. 2022. Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Akhlak Siswa di MTS Miftahussalam Kambeng Slahung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dian Pratiwi, MM.
Kata Kunci : Budaya Sekolah, Akhlak Siswa

Penanaman akhlak melalui budaya sekolah ialah metode para pihak sekolah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia sekolah yang berbudi luhur dan berakhlak mulia. Pendidikan akhlak atau moral yang dilakukan oleh sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa, religiusitas siswa, meningkatkan nilai akademik maupun non akademik dan perilaku sosial siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan sekolah dalam membentuk akhlak siswa, faktor pendukung dan penghambat penerapan budaya sekolah dan akhlak siswa di MTs Miftahussalam Kambeng Slahung setelah penerapan budaya sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan budaya sekolah dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Miftahussalam Kambeng. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode yang digunakan sekolah dalam pembentukan akhlak siswa melalui budaya sekolah di MTs Miftahussalam Kambeng adalah melakukan kegiatan pembiasaan yang diwajibkan oleh sekolah, memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi, memberikan tahapan pembiasaan seperti hukuman kepada yang melanggar aturan, beri siswa teladan dan nasehat. Pelaksanaan kegiatan muhadharah merupakan ciri khas yang ada di madrasah yang tidak dimiliki oleh madrasah lain di wilayah tersebut. Peserta didik diwajibkan menguasai kemampuan berpidato dalam empat bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa). Pelaksanaannya dilakukan pada setiap hari Minggu. Sekolah mengadakan event perlombaan sebagai sarana evaluasi keberhasilan program muhadharah.
Hasil yang diperoleh setelah dilakukan budaya sekolah ada perubahan afektif, psikomotorik dan religius siswa berubah ke arah yang lebih baik dan tingkat kedisiplinannya semakin tinggi. Selain itu siswa memiliki beberapa akhlak yang terbentuk lainnya seperti rasa tanggung jawab, kepedulian sosial dan lingkungan masyarakat. Faktor pendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:33
Last Modified: 15 Jun 2023 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24647

Actions (login required)

View Item View Item