Respon Usaha Mikro Kecil (UMK) Kabupaten Ponorogo Dalam Pemberlakuan Kenaikan Harga BBM Tinjauan Maslahah Mursalah dan Efektivitas Hukum

Rahayu, Aldila Mayang Putri (2023) Respon Usaha Mikro Kecil (UMK) Kabupaten Ponorogo Dalam Pemberlakuan Kenaikan Harga BBM Tinjauan Maslahah Mursalah dan Efektivitas Hukum. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190089_ALDILA MAYANG_HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rahayu, Aldila Mayang Putri 2023. Respon Usaha Mikro Kecil (UMK) Kabupaten Ponorogo Dalam Pemberlakuan Kenaikan Harga BBM Tinjauan Maslahah Mursalah dan Efektivitas Hukum. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Dr. Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag.
Kata Kunci/keywords : Respon UMK, BBM, Maslahah Mursalah,Efektivitas Hukum.
Adanya kenaikan BBM berpengaruh nyata terhadap kondisi ekonomi. Salah satunya para pelaku UMK di ponorogo. Usaha mikro kecil ini menjadi salah satu unsur dalam membangun pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Merujuk pada keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor.218.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu Dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan. Adanya putusan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) tersebut menjadi permasalahan baru karena BBM merupakan komoditas yang memegang peranan vital dalam sistem ekonomi. Dalam hal ini perlunya melihat respon dan dampak yang dirasakan oleh pelaku UMK terhadap kenaikan BBM ini. Lingkup analisisnya pada UMK kabupaten ponorogo. yang mana jika kita ketahui kota ponorogo secara basis ekonomi tergolong besar angkanya pada sektor perdagangan. Permasalahan pemberlakuan kenaikan BBM ini dapat ditinjau dalam teori Maslahah Mursalah dan efektivitas hukum.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi kenaikan BBM oleh UMK di ponorogo ditinjau dari maslahah mursalah dan efektivitas hukum? , Bagaimana implikasi kenaikan harga BBM bagi UMK ponorogo ditinjau dari Maslahah Mursalah dan Efektivitas hukum?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis-normatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa implementasi kenaikan BBM oleh UMK di ponorogo ditinjau dari maslahah mursalah dan efektivitas hukum ini kurang baik oleh mereka. Hal ini dikarenakan kenaikan BBM mengakibatkan harga bahan pokok naik, berimbas bagi produksi,pengiriman dan pengemasan UMK. Sehingga UMK dalam menyikapi ini telah melakukan berbagai strategi jualan tetapi tidak bisa dipungkiri kenaikan BBM ini berdampak pada produk dan pemasaran produk UMK. Maka jika ditinjau dari maslahah mursalahnya, prinsip maslahah al-ammah menyatakan bahwa tindakan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencegah kemudaratan dianggap diperbolehkan, sedangkan tindakan yang menyebabkan kemudharatan atau mengganggu ketertiban sosial dianggap dilarang atau tidak dianjurkan. Terkait implikasi kenaikan harga BBM bagi UMK ponorogo ditinjau dari maslahah mursalah dan efektivitas hukum ditinjau dari efektivitas hukumnya kebijakan ini sangat merugikan UMK, dimana kenaikan BBM juga berimbas pada jumlah pembeli produk dan distribusinya. Pembeli berkurang dan distribusi terhambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:34
Last Modified: 15 Jun 2023 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24645

Actions (login required)

View Item View Item