Implementasi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Uṡmani Bagi Santri di Pondok Pesantren An-Nuur Trisono Babadan Ponorogo

Rodhiah, Mia Ami Natul (2023) Implementasi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Uṡmani Bagi Santri di Pondok Pesantren An-Nuur Trisono Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190153_Mia Ami Natul Rodhiah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman kehidupan bagi seluruh umat manusia. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an, khususnya dalam hal keterampilan membaca Al-Qur’an. Namun fakta yang terjadi di Pondok Pesantren An-Nuur, peneliti mendapati kurangnya keterampilan santri dalam membaca Al-Qur’an. Rata-rata santri yang datang ke pondok pesantren kualitas membaca Al-Qur’an masih kurang dan mereka juga berangkat dari latar pendidikan agama yang berbeda-beda. Maka dari itu, diperlukannya peningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an santri agar bisa lebih mudah dan cepat dalam belajar Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis penerapan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode uṡmani bagi santri di Pondok Pesantren An-Nuur Trisono Babadan Ponorogo, 2) Menganalisis evaluasi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode uṡmani bagi santri di Pondok Pesantren An-Nuur Trisono Babadan Ponorogo, dan 3) Menganalisis upaya peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an melalui metode uṡmani bagi santri di Pondok Pesantren An-Nuur Trisono Babadan Ponorogo.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran Al-Qur’an metode uṡmani di Pondok Pesantren An-Nuur, ustaż/ustażah pembimbing menggunakan langkah-langkah mengajar yang sesuai dengan buku panduan mengajar metode uṡmani Adapun target membaca santri adalah bacaaan harus tartil sesuai dengan ṣifat, waqof ibtida', tanafus, kelancaran, vokal, makhroj, dan tajwidnya serta mengenal macam-macam gorib. 2) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode uṡmani di Pondok Pesantren An-Nuur dilakukan dengan tiga test, yaitu try out, test formatif dan test sumatif. Test sumatif dilakukan pada hari Ahad, 19 Maret 2023 dengan hasil evaluasi semua santri dinyatakan lulus BBQ dan bisa mendapatkan syahadah BBQ. Untuk hasil penilaian taṣḥiḥ akhir PGPQ menunjukkan bahwa dari 22 santri terdapat 18 santri dinyatakan lulus ujian PGPQ dan 4 santri wajib melakukan remidi untuk salah satu mata ujian wajib yaitu tajwid. Hal ini menunjukkan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode uṡmani di Pondok Pesantren An-Nuur berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula. 3) Upaya peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an metode uṡmani di Pondok Pesantren An-Nuur dilakukan melalui tiga cara, yaitu: Pertama, peningkatan kualitas santri. Kedua, peningkatan kualitas guru. Ketiga, peningkatan kualitas sumber belajar dari segi pendidik, metode dan media pembelajaran, muatan materi belajar, dan lingkungan pembelajaran Al-Qur’an metode uṡmani agar produktivitas belajar, motivasi, dan minat belajar guru dan santri dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:36
Last Modified: 15 Jun 2023 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24644

Actions (login required)

View Item View Item