Upaya Guru Mengembangkan Literasi Membaca Siswa Melalui Media Kartu Soal Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Studi Kasus Di SMPN 1 Siman Ponorogo).

Munasharoh, Risa (2023) Upaya Guru Mengembangkan Literasi Membaca Siswa Melalui Media Kartu Soal Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Studi Kasus Di SMPN 1 Siman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_RISA_MUNASHAROH_208190032[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Munasharoh, Risa. 2023. Upaya Guru Mengembangkan Literasi Membaca Siswa Melalui Media Kartu Soal Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Studi Kasus Di SMPN 1 Siman Ponorogo). Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Risma Dwi Arisona, M.Pd.

Kata Kunci : Upaya Guru, Literasi Membaca, Media Kartu Soal, Mata Pelajaran IPS Terpadu
Literasi membaca adalah kemampuan untuk mengidentifikasi informasi yang di sampaikan secara jelas dan tidak menyatakan makna tertentu secara jelas dengan menganalisis data yang diperoleh, dan memahami informasi. Tetapi, pada kenyataannya di lingkungan sekolah tingkat menengah minat membaca siswa dapat dikatakan rendah, yang disebabkan oleh tidak adanya buku yang bervariasi, banyak siswa yang kabur ke kantin, ngobrol dengan teman, saat disuruh membaca. Untuk meminimalisasi permasalahan tersebut harus ada upaya guru. Upaya guru adalah suatu aktivitas guru yang di lakukan dalam rangka membimbing, mendidik, mengajar dan melakukan transfer of knowledge kepada anak didik sesuai dengan kemampuan dan keprofesionalan yang dimiliki. Dalam mengembangkan literasi membaca yang mana dapat diterapkan melalui media kartu soal, guru berperan sebagai fasilitator, yang menyediakan fasilitas media kartu soal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) upaya guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan literasi membaca siswa melalui media kartu soal; 2) faktor pendorong dan penghambat upaya guru dalam mengembangkan literasi membaca siswa melalui media kartu soal; 3) hasil usaha guru dalam mengembangkan literasi membaca siswa melalui media kartu soal kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMPN 1 Siman Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan diatas penelitian ini disusun dengan rancangan
metode penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan
kualitatif studi kasus. Teknik Pengumpulan data yang di laksanakan di SMPN 1 Siman,
Ponorogo dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan berulang kali.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pola interaktif
dengan reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kebasahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, mengembangkan ketekunan, dan tringulasi sumber.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa 1) Upaya guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan literasi membaca siswa melalui media kartu soal kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMPN 1 Siman Ponorogo diantaranya Guru menyediakan fasilitas media kartu soal, saat guru berperan sebagai fasilitator semua kegiatan pembelajaran diserahkan kepada siswa. Tetapi hal ini tidak terlepas dari kontrol seorang guru yang mengawasi siswa. Apabila materi dalam pembelajaran di rasa kurang sesuai, guru dapat memperkuat materi di akhir kegiatan pembelajaran. 2) Faktor pendorong dan penghambat upaya guru dalam mengembangkan literasi membaca siswa melalui media kartu soal, faktor pendorongnya adalah Media kartu soal yang menarik, model pembelajaran yang simpel, praktis dan mudah dibuat. Menciptakan lingkungan belajar yang mendorong kreativitas siswa. Sedangkan untuk faktor penghambat adalah Sulit untuk memahami bacaan, kondisi kelas yang tidak kondusif dan keterbatasan waktu, siswa malas untuk mencari informasi lebih banyak, dan ada siswa yang kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil yang diperoleh. 3) Hasil usaha guru dalam mengembangkan literasi membaca siswa melalui media kartu soal siswa sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran, rasa percaya diri siswa meningkat, siswa mau mencari jawaban atau informasi yang lebih, literasi membaca dalam segi kesadaran akan manfaat membaca mengalami perkembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:37
Last Modified: 15 Jun 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24640

Actions (login required)

View Item View Item