..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PEMANFAATAN TEMBANG MIJIL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTsN 2 PONOROGO

Anjassari, Risma Vitrinovita (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PEMANFAATAN TEMBANG MIJIL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTsN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anjassari, Risma Vitrinovita. 2023. Pemanfaatan Tembang Mijil Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTsN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Widda Djuhan, S. Ag., M.Si.

Kata Kunci: strategi pembelajaran, pemanfaatan tembang mijil, hambatan pembelajaran.

Pada tingkat pendidikan SMP/MTs, pelajaran IPS adalah gabungan dari materi ajar sejarah, ekonomi, sosiologi dan geografi atau yang biasa disebut IPS terpadu. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki tingkat keluasan materi yang tinggi. Karena itu inovasi dalam pengelolaan materi belajar sangat dibutuhkan agar pembelajaran tetap menarik antusias belajar siswa dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi ajar IPS. Inovasi materi pembelajaran dapat dilakukan dengan mengkolaborasikan materi ajar dengan bahan ajar lain. Sepertihalnya pada penelitian ini yang menggunakan tembang Mijil sebagai bahan belajar siswa dalam mempelajari materi ajar IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) strategi pemanfaatan tembang mijil sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS terpadu, 2) efektivitas pemanfaatan tembang mijil sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS terpadu, 3) hambatan pemanfaatan tembang mijil sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS terpadu.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan bentuk analisis uraian dari data yang telah dikumpulkan. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari siswa dan guru IPS kelas VII di MTsN 2 Ponorogo. Setelah data terkumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif guna memudahkan pembaca memahami alur dari pembahasan penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa 1) strategi pemanfaatan tembang mijil sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS terpadu dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan ketika pembelajaran berlangsung siswa terlihat memperhatikan dan dapat memenuhi tugas yang diberikan oleh guru. 2) efektivitas pemanfaatan tembang mijil sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS terpadu menunjukkan hasil yang baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan antusias minat belajar siswa dengan tembang mijil, lalu cara mereka memaknai dan meresapi tembang mijil begitu baik sehingga nilai-nilai yang terkandung didalamnya sudah bisa dipastikan akan lebih diingat. Selain itu, pada penarikan esensi tersebut ke dalam materi ajar IPS yang disini diambil adalah materi sosialisasi terlihat membuahkan hasil, terbukti dari ungkapan siswa yang mengaku lebih toleran dan bersikap sopan terhadap orang lain. 3) hambatan yang muncul dalam pemanfaatan tembang mijil sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS terpadu ada tiga yakni menumbuhkan minat belajar siswa terhadap budaya, persiapan guru dalam mempelajari tembang mijil, dan fasilitas yang mendukung belajar siswa dalam mengeksplorasi materi ajar. Dalam hal ini, semua hambatan telah ditindak lanjuti dengan baik oleh Ibu Fery guru mata pelajaran IPS terpadu kelas VII di MTsN 2 Ponorogo, sehingga pembelajaran IPS menggunakan tembang mijil dapat terlaksana selama dua periode mengajar di kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:38
Last Modified: 15 Jun 2023 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24636

Actions (login required)

View Item View Item