NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MELUKIS PANTAI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SMP KELAS VII

Utami, Nindia Rahayu (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MELUKIS PANTAI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SMP KELAS VII. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI-NINDIA RAHAYU UTAMI-201190432-PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Utami, Nindia Rahayu. 2023. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Melukis Pantai dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Jenjang SMP Kelas VII. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.

Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Film Melukis Pantai. Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus-kasus yang menyimpang dari pendidikan karakter, seperti lemahnya semangat nasionalisme, rendahnya rasa peduli terhadap sosial, dan rendahnya cinta terhadap ilmu pengetahuan. Apabila permasalahan tersebut tidak segera ditangani degradasi moral akan semakin menjamur di masyarakat. Perbaikan karakter tersebut, dapat dilakukan dengan mengambil nilai karakter dari film Melukis Pantai.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Melukis Pantai; (2) mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Melukis Pantai dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jenjang SMP kelas VII.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data primer berupa scene-scene, dialog, suara, setting, yang terdapat dalam film Melukis Pantai. Sumber data primer diperoleh dari film Melukis Pantai. Data sekunder berupa teori nilai pendidikan karakter menurut Kemendikbud Ristek yang terdiri atas 18 poin. Sumber data sekunder berupa literatur seperti buku, jurnal, dan surat kabar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, nilai pendidikan karakter dalam film Melukis Pantai yang dapat ditemukan peneliti ada sepuluh nilai yang muncul yaitu toleransi, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dari sepuluh macam nilai pendidikan karakter tersebut yang paling dominan adalah gemar membaca. Kedua, nilai pendidikan karakter dalam film Melukis Pantai yang memiliki relevansi dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jenjang SMP kelas VII ada empat nilai yang muncul, yaitu toleransi, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai toleransi memiliki relevansi dengan materi bab 11 tema “Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang Membanggakan”. Nilai gemar membaca memiliki relevansi dengan dalam materi bab 6 tema “Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah”. Nilai peduli sosial memiliki relevansi dengan dalam materi dalam bab 8 tema “Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah”. Nilai tanggung jawab memiliki relevansi dengan dalam materi bab 1 tema “Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah dengan Nama-Nya” dan bab 7 tema “Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt.”. Hal ini membuktikan bahwa terdapat kesesuaian substansi makna yang terkandung dalam film Melukis Pantai dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jenjang SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:35
Last Modified: 15 Jun 2023 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24630

Actions (login required)

View Item View Item