..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Media Visual dan Implikasinya bagi Kebiasaan Belajar Murid Kelas 1 MIS Mamba'ul Huda Ponorogo

Qotimah, Siti Khusnul (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Media Visual dan Implikasinya bagi Kebiasaan Belajar Murid Kelas 1 MIS Mamba'ul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SITI KHUSNUL QOTIMAH_203190302_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Qotimah, Siti Khusnul. 2023. Media Visual dan Implikasinya Bagi Kebiasaan Belajar Murid
kelas 1 di MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama islam
Negeri ponorogo. Pembimbing : Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.
Kata Kunci : media visual, kebiasaan belajar, murid kelas 1
Murid kelas 1 masih belum bisa memahami hal-hal yang bersifat abstrak, maka dari itu
murid kelas 1 masih memerlukan gambaran secara visual dari penjelasan yang disampaikan guru.
Gembaran secara visual dapat ditampilkan guru dalam mengajar dengan menggunakan media
visual karena pada usia murid kelas 1 yaitu 7 tahun masih dalam tahap perkembangan intuitif dan
akan lebih mudah memahami pembelajaran dengan melihat gambar. Dalam pembelajaran sendiri
murid kelas 1 di MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo masih ditemukan banyak yang bermain
sendiri dalam mengikuti pembelajaran sehingga kelas menjadi ramai dan murid belum bisa
mengikuti pembelajaran sampai akhir. Sehingga tujuan pembelajaran belum dicapai secara
maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) media visual yang digunakan di kelas
1 MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo dan (2) implikasi penggunaan media pembelajaran
visual terhadap kebiasaan belajar murid kelas 1 di MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan
data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data Miles,
Huberman dan Saldana dengan tiga aktivitas yang dilakukan secara bersamaan yaitu kondensasi
data , penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Media visual yang digunakan di kelas 1 MIS
Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo sangat bervariatif yaitu media visual gambar, peta, poster,
papan visual,benda asli yang tidak dimodifikasi, dan benda asli yang telah dimodifikasi. (2)
Implikasi penggunaan media visual bagi kebiasaan belajar murid kelas 1 MIS Mamba’ul Huda
Ngabar Ponorogo adalah murid akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan, mengingat
materi yang telah disampaikan, meningkatkan semangat dalam belajar, dapat mengkaitkan materi
dengan dunia nyata dan juga menudahkan guru dalam menjelaskan materi. Murid juga memiliki
kebiasaan belajar seperti memiliki motovasi belajar, konsentrasi dalam belajar, tidak tergesa-gesa
dalam belajar, mengerjakan tugas dengan baik dan mau membaca buku modul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi yuliani rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:22
Last Modified: 15 Jun 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24613

Actions (login required)

View Item View Item