Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Kemandirian Belajar PAI Siswa Kelas XI SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Lisdiawati, Erna (2023) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Kemandirian Belajar PAI Siswa Kelas XI SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201190354_Erna Lisdiawati_PAI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar merupakan salah satu aspek penting guna mencapai keberhasilan
belajar. Dewasa ini siswa akan selalu dihadapkan pada situasi dan dinamika kehidupan yang
dinamis serta berkembang, terlebih lagi dengan perkembangan teknologi dan arus global yang
semakin sulit, sehingga siswa akan semakin didesak kearah kehidupan yang lebih kompetitif.
Berbicara mengenai realita sekarang, banyak ditemukan siswa yang masih rendah memiliki
kemandirian belajar. Berdasarkan dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, melalui
observasi di SMKN 1 Ponorogo, diperoleh informasi bahwa siswa SMKN 1 Ponorogo,
kemandirian belajarnya belum tinggi. Hal tersebut bisa dikarenakan faktor pola asuh orang tua
dan kepercayaan diri.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui signifikansi pengaruh pola asuh orang tua
terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas XI SMKN 1 Ponorogo; (2) mengetahui
signifikansi pengaruh kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas XI SMKN
1 Ponorogo; (3) mengetahui signifikansi pengaruh pola asuh orang tua dan kepercayaan diri
terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas XI SMKN 1 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang
datanya berupa angka-angka. Partisipasi penelitian berasal dari siswa kelas XI SMKN 1
Ponorogo yang dipilih dengan teknik Probability Sampling. Data hasil penelitian kemudian
dianalisis menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 1 Ponorogo yang diambil sebanyak
110 siswa. Adapun sampel yang diambil oleh peneliti adalah 84 responden. Teknik pengumpulan
data yaitu dengan menggunakan angket atau kuesioner.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) Pola asuh orang tua berpengaruh
secara signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI SMKN 1 Ponorogo, dengan
presentase sebesar 20,7%. (2) Kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan terhadap
kemandirian belajar siswa kelas XI SMKN 1 Ponorogo, dengan presentase sebesar 13,4%. (3)
Pola asuh orang tua dan Kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian
belajar siswa kelas XI SMKN 1 Ponorogo, dengan presentase sebesar 24,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:21
Last Modified: 15 Jun 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24609

Actions (login required)

View Item View Item