Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 3 Cepu

Mutiara Sukma, Aldinda (2023) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 3 Cepu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206180074_Aldinda Mutiara Sukma_Manajemen Pendidikan Islam.(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sukma, Aldinda Mutiara 2023. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 3 Cepu.Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Athok Fu’adi, M.Pd.
Kata Kunci: Manajeman Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
Kepala Sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang perpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Keberhasilan sekolah sangat ditentukan oleh kinerja guru. Oleh karena itu peran kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam meningkatkan profesional guru pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memaparkan dan menjelaskan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi, menyusun perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi program peningkatan kinerja guru.
Padapenulisanpenelitianini,penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dan sumber data peneliti menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan prosedur wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data peneliti menggunakan pendekatan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penyusunan perencanaan program yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Cepu sudah cukup baik. Penyusunan perencanaan melibatkan partisipasi aktif oleh semua pihak stakeholder yaitu wakil kepala sekolah, guru dan komite sekolah melalui kerjasama yang baik. Penyusunan perencanaan program disusun secara matang dan sistematis. Perencanaan mengacu pada visi, misi dan tujuan sekolah. Perencanaan dimulai dari rapat oleh jajaran guru dengan membahas terkait agenda kegiatan yang akan dilaksanakan, meliputi: membuat jadwal kegiatan (agenda kegiatan) berupa program pelatihan peningkatan kinerja guru, menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan, dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program. 2) Pelaksanaan program dalam dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Cepu sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, yakni dengan mengikut sertakan guru melalui program pelatihan berupa worshop media pembelajaran, pelatihan In House Training (IHT), Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pemberian reward/penghargaan kepada guru yang disiplin dan berprestasi. 3) Evaluasi yang dilaksanakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Cepu sudah dilaksanakan secara optimal. Evaluasi yang dilakukan kepala sekolah yakni dengan melakukan supervisi pendidikan dengan teknik kunjungan kelas, pembicaraan pribadi dan diadakan rapat bersama (diskusi kelompok) serta observasi kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:17
Last Modified: 15 Jun 2023 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24606

Actions (login required)

View Item View Item