Pengaruh Pola Asuh Dan Jenis Kelamin Terhadap Kemandirian Anak Kelompok A TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Zahrah, Fadhila Audia (2023) Pengaruh Pola Asuh Dan Jenis Kelamin Terhadap Kemandirian Anak Kelompok A TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
PENGARUH POLA ASUH DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A TKIT 1 QURROTA A'YUN PONOROGO TAHUN AJARAN 2022.2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemandirian anak merupakan kemampuan anak dalam melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap perkembangan dan kemampuan anak. Kemandirian dibutuhkan agar individu dapat menjalani kehidupan tanpa bergantung pada orang lain dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Kemandirian dalam diri anak memerlukan stimulus agar dapat berkembang sesuai kapasitas dan tahapan perkembangannya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian salah satunya adalah pola asuh dan jenis kelamin. Terdapat 15 anak yang rewel saat diantar sekolah, tidak mau berpisah dengan orang tua sehingga orang tua menunggu di depan kelas atau menemani anak di dalam kelas, anak yang tidak mau bergabung bersama guru saat menjelaskan materi, anak cenderung menyendiri atau asik bermain sendiri, pada saat pemberlajaran berlangsung terdapat anak yang keluar dari kelas dan bermain di luar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pola asuh terhadap Ponorogo kemandirian anak kelompok A TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Menganalisis pengaruh signifikan jenis kelamin terhadap kemandirian anak kelompok A TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Menganalisis pengaruh signifikan pola asuh dan jenis kelamin terhadap kemandirian anak kelompok A TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis ex post facto. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu anak kelompok A TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 42 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan uji regresi dummy, uji T (parsial), dan uji F (simultan) regresi line, sebelumnya dilakukan uji prasyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Taraf signifikansi yang digunakan adalah 0,05 (5%) dan untuk perhitungan dibantu dengan SPSS versi 25 for Windows.
Hasil penelitian bahwa dilihat dari hasil uji T, pola asuh mempengaruhi secara signifikan kemandirian anak dengan hasil thitung sebesar 2.408 > ttabel 2.021, dengan nilai sig 0,021 < 0,05, Pola asuh berpengaruh sebesar 0,127 atau (12,7%) terhadap kemandirian anak. Berdasarkan hasil uji regresi variabel dummy, jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap kemandirian anak, dengan hasil thitung 1.262 < ttabel 2.021, dengan nilai sig 0,214 > 0,05, variabel jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap variabel kemandirian anak. Berdasarkan hasil uji anova, mendapatkan hasil Fhitung sebesar 4.968 sedangkan Ftabel sebesar 3,23. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh, dan jenis kelamin terhadap kemandirian anak kelompok A TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Pola asuh dan jenis kelamin berpengaruh sebesar 20,3% terhadap kemandirian anak. Sedangkan sisanya sebesar 79,7% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti gen atau keturunan, urutan kelahiran, kondisi fisik, bakat dan potensi intelektual, kematangan, sistem pendidikan sekolah, sistem kehidupan masyarakat yang dapat mempengaruhi kemandirian pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:24
Last Modified: 15 Jun 2023 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24600

Actions (login required)

View Item View Item