Kemampuan Berpikir Kritis dalam Keterampulan Menulis dan Berbicara Kelas VI MIN 4 Ponorogo

Solikah, Kaifi Mur (2023) Kemampuan Berpikir Kritis dalam Keterampulan Menulis dan Berbicara Kelas VI MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190058 KAIFI MUR SOLIKAH PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Keterampilan Menulis, Berbicara.

Kemampuan berpikir kritis dalam sebuah pembelajaran memegang peran penting. Hal tersebut dikarenakan kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam memecahkan sebuah permasalahan. Tanpa kemampuan berpikir kritis, proses pembelajaran tidak akan maksimal. Kemampuan berpikir kritis tidak hanya dilakukan dalam satu kegiatan saja, akan tetapi dapat dilakukan melalui keterampilan menulis dan berbicara. MIN 4 Ponorogo telah menerapkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan menulis dan berbicara.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berbentuk tulisan. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara kepada guru Bahasa Indonesia, observasi ketika kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan skala likert dalam bentuk checklist, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya teori dari Kasdin Sihotang yang menyatakan bahwa berpikir kritis merupakan kemampuan dalam mempertimbangkan segala sesuatu melalui metode berpikir secara konsisten, dan merefleksinya untuk mengambil kesimpulan yang tepat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MIN 4 Ponorogo yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian dilakukan pada tanggal 21 – 27 Februari 2023.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis dalam keterampilan menulis kelas VI sudah baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai skala likert dari 20 peserta didik dengan kategori sangat baik 5, kategori baik 8, dan cukup 7 peserta didik. Kesulitan yang dialami peserta didik melalui keterampilan menulis diantaranya terdapat pada pemilihan kata, penggunaan bahasa, dan ketepatan penulisan yang belum sesuai dengan EYD. (2) Kemampun berpikir kritis dalam keterampilan berbicara kelas VI sudah sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai skala likert dari 20 peserta didik dengan kategori sangat baik 10, kategori baik 9, dan cukup 1 peserta didik. Secara keseluruhan peserta didik kelas VI MIN 4 Ponorogo bisa mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya melalui keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:04
Last Modified: 14 Jun 2023 08:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24599

Actions (login required)

View Item View Item