..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Video dan Keaktifan Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo

Sudarno, Anwar (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Video dan Keaktifan Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190041_ANWAR SUDARNO_TADRIS IPS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sudarno, Anwar. Pengaruh Model Student Team Achivevement Division (STAD)
Berbantuan Video Dan Keaktifan Terhadap Kemampuan Kerjasama
Siswa di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo. Skripsi, Tadris Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Model STAD, Keaktifan Belajar, dan Kemampuan Kerjasama.
Kemampuan kerjasama siswa kelas VII di MTs PGRI Gajah Sambit
Ponorogo dalam proses pembelajaran IPS masih tergolong kurang. dimana saat
guru menjelaskan pelajaran beberapa siswa tidak memperhatikan dan sibuk
berbicara atau bermain dengan teman sebangkunya. Hal ini disebabkan karena
pembelajaran yang dilakukan oleh Guru mata pelajaran IPS cenderung
menggunakan metode yang klasikal yaitu metode ceramah. Kegiatan mengajar
sebagaian waktu di kelas dihabiskan dengan guru atau proses kegiatan
pembelajaran masih terpusat pada guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video terhadap kemampuan
kerjasama siswa di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo. (2) Untuk mengetahui
pengaruh keaktifan belajar terhadap kemampuan kerjasama siswa di MTs PGRI
Gajah Sambit Ponorogo. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD berbantuan video dan keaktifan belajar terhadap
kemampuan kerjasama siswa di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menggunakan
desain penelitian eksperimen semu. Eksperimen semu artinya penelitian yang
hamper mendekati eksperimen asli atau sungguhan. Yang tujuannya adalah untuk
menguji pengaruh langsung suatu variabel dan menguji hipotesis hubungan sebab
akibat. Populasi dalam penelitian ini populasinya ialah seluruh siswa kelas VII A,
VII B, dan VII C MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo yang berjumlah 78 siswa.
Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B di Madrasah
Tsanawiyah PGRI Gajah Sambit Ponorogo dengan jumlah 60 siswa. Adapun data
yang telah terkumpul untuk menganalisisnya menggunakan analisis Uji regresi
linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh positif dan signifikan
antara model Student Team’s Achievement Division (STAD) berbantuan video
terhadap kemampuan kerjasama siswa. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan uji-T
dengan nilai Thitung lebih besar daripada Ttabel (3,753 > 1,06). 2) Keaktifan belajar
juga mempunyai pengaruh terhadap kemampuan kerjasama siswa dilihat Thitung
lebih besar daripada Ttabel (3,169 > 1,672). 3) Penggunaan metode Student Team’s
Achievement Division (STAD) berbantuan video dan keaktifan bersamaan di uji
menggunakan analisis regresi linier berganda yang menghasilkan nilai uji-F yang
diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yakni 11,402 > 4,012 dengan nilai sig. 0,000 > 0,05
dan serta nilai R Square sebesar 58,8 % yang sisanya 41,6 % dipengaruhi faktor
yang lain yang berarti tolak H0 dan terima Ha. Yang artinya terdapat pengaruh
positif dari kedua variabel independent terhadap variabel kemampuan kerjasama
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:55
Last Modified: 14 Jun 2023 07:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24597

Actions (login required)

View Item View Item