Pesan Akhlak Dalam Film Miracle In Cell No.7 Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Fitriana, Arum Sinta (2023) Pesan Akhlak Dalam Film Miracle In Cell No.7 Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190037_ARUM SINTA FITRIANA_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fitriana, Arum Sinta. 2023. Pesan Akhlak dalam Film Miracle In Cell No.7 Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institit Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pesan Akhlak, Film Miracle In Cell No.7, Analisis Semiotika
Pendidikan utama yang harus ada dan tertanam dalam diri peserta didik adalah pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak disampaikan pada anak melalui metode dakwah. Dakwah disini dapat disampaikan dengan al-hikmah maupun mau‟idloh hasanah. Untuk sekarang ini berdakwah dapat disampaikan melalui media massa sehingga penyebaran dakwah menjadi semakin luas. Salah satu media massa yang dapat digunakan adalah film. Media massa berupa film mempunyai kapasitas berisikan pesan yang sama secara runtut dan memiliki beberapa sasaran yang beraneka ragam dari agama, budaya, status, dan fenomena sosial lainnya yang kemudian memberikan pengaruh terhadap penontonnya. Salah satu film yang memiliki pengaruh positif adalah Miracle in Cell No.7 karya Hanung Bramantyo. Film ini mengandung isi yang disampaikan kepada penontonnya berupa bagaimana gambaran sisi lain kehidupan di balik jeruji besi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanda, objek, interpretan dan pesan akhlak yang terkandung dalam Film Miracle in Cell No.7 Karya Hanung Bramantyo.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif berjenis library research sumber data yang digunakan peneliti adalah film Miracle In Cell No.7 karya Hanung Bramantyo. Pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumen tertulis maupun dokumen terekam. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis semiotika model tiga unsur makna Charles Sanders Peirce yaitu sign/tanda, objek, dan interpretan.
Berdasarkan hasil analisis dalam film Miracle in Cell No.7 diperoleh hasil penelitian yaitu (1) Makna tanda yang diwakilkan sepuluh scene, adalah pesan-pesan akhlak. Representasi pesan akhlak yang ingin disampaikan kepada khalayak bahwa film ini memiliki tanda-tanda yang menunjukkan pesan-pesan akhlak, sehingga dapat dijadikan sebagai media pendidikan akhlak. (2) Objek- objek yang ditunjukkan pada scene film ini memiliki makna yang berbeda-beda, namun memiliki fungsi sebagai penghubung sign dengan interpretan. (3) Makna interpretan sepuluh scene menandakan interpretasi mengkontruksi dan membuat gagasan memotivasi khalayak untuk senantiasa menerapkan akhlak terhadap Allah SWT, diri sendiri, orang tua serta masyarakat sekitar menerapkannya dalam kehidupan nyata. (4) Pesan-pesan akhlak dalam film ini dibagi menjadi empat yang diantaranya, akhlak terhadap Allah ditunjukkan dalam bentuk do`a dan takwa. Akhlak terhadap diri sendiri ditunjukkan dalam bentuk sikap kesederhanaan dan syukur, sabar, ikhlas dan kejujuran. Akhlak terhadap orang tua ditunjukkan dalam bentuk berbakti dan kasih sayang. Akhlak terhadap orang lain atau masyarakat ditunjukkan dalam bentuk tolong menolong dan keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:52
Last Modified: 14 Jun 2023 07:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24593

Actions (login required)

View Item View Item