..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pendidikan Non Formal Sunan Kalijaga Dalam Buku Atlas Wali Songo Karya Agus Sunyoto

Wakhidah, Nafiatul (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pendidikan Non Formal Sunan Kalijaga Dalam Buku Atlas Wali Songo Karya Agus Sunyoto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190185_NAFIATUL WAKHIDAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wakhidah, Nafiatul. 2023. Pendidikan Non Formal Sunan Kalijaga dalam Buku Atlas Wali Songo Karya Agus Sunyoto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Non-Formal, Sunan Kalijaga.

Sebagaimana diungkapkan dari buku Atlas Wali Songo, Sunan Kalijaga merupakan salah satu Wali Songo yang memiliki banyak ide kreatif dalam menyebarkan ajaran Islam di Nusantara. Sunan Kalijaga merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang menjadi pendakwah sekaligus pendidik yang mampu menyampaikan serta menanamkan ajaran Islam melalui cara yang menarik. Cara beliau yaitu dengan memadukan ajaran Islam dengan kebutuhan masyarakat tanpa menghilangkan kebudayaan serta kepercayaan lama masyarakat tersebut. Beliau juga menyisipkan ajaran Islam ke dalam ritual masyarakat yang sudah menjadi tradisi kehidupan mereka. Selain itu Sunan Kalijaga juga memasukan pendidikan Islam ke dalam setiap elemen kehidupan masyarakat baik dari aspek seni, sastra, budaya, pertanian, pakaian, politik dan ketatanegaraan hingga pembentukan nilai-nilai etis kemasyarakatan yang bersumber dari ajaran Islam dan pendidikan ruhani yang bersumber dari ilmu tasawuf.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan non formal Sunan Kalijaga dalam buku Atlas Wali Songo. (2) Untuk mendeskripsikan pola pendidikan non formal yang diterapkan Sunan Kalijaga dalam buku Atlas Wali Songo.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian riset kepustakaan (library reseach). Pengambilan data dilakukan melalui teknik dokumentasi, data yang digunakan yaitu menggunakan data primer dan sekunder. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan strategi content analysis dengan menggunakan penalaran induktif dan deduktif untuk menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Konsep pendidikan non formal yang telah diterapkan Sunan Kalijaga mempunyai peranan yang penting bagi masyarakat Jawa, yaitu dengan menyelipkan ajaran Islam ke dalam ritual budaya sehingga Islam dengan mudah dapat diterima masyarakat. (2) Pola pendidikan non formal yang diterapkan Sunan Kalijaga dalam mengajarkan masyarakat Jawa yaitu pendidikan melalui tembang, pendidikan melalui wayang, pendidikan melalui keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:51
Last Modified: 14 Jun 2023 07:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24591

Actions (login required)

View Item View Item