Studi Materi Fikih dalam Kitab Sullam at-Taufiq Karya Syaikh Sayyid Abdullah Bin Husain Bin Thahir sebagai Pengembangan Materi Pelajaran Fikih Kelas X Madrasah Aliyah Peminatan Keagamaan

Mutammimah, Mualifatul (2023) Studi Materi Fikih dalam Kitab Sullam at-Taufiq Karya Syaikh Sayyid Abdullah Bin Husain Bin Thahir sebagai Pengembangan Materi Pelajaran Fikih Kelas X Madrasah Aliyah Peminatan Keagamaan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190163_MUALIFATUL MUTAMMIMAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Mutammimah, Mualifatul. 2023. Studi Materi Fikih dalam Kitab Sullam at-Taufi<q Karya Syaikh Sayyid Abdullah Bin Husain Bin Thahir sebagai Pengembangan Materi Pelajaran Fikih Kelas X Madrasah Aliyah Peminatan Keagamaan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mughniatul Ilma, M.H.
Kata Kunci: Fikih, Sullam at-Taufi<q, Materi Pelajaran.
Fikih merupakan sebuah ilmu pokok dalam Islam yang menyangkut ke berbagai sumber hukum Islam, baik yang berhubungan langsung dengan Tuhan, maupun dengan sesama. Fikih juga termasuk ilmu pokok yang berkaitan dengan kehidupan sehari-haru umat Islam kapanpun dan dimanapun berada. Ilmu fikih dikaji di kalangan pesantren maupun sekolah formal. Salah satu kitab yang banyak dipelajari adalah kitab Sullam at-Taufi<q Karya Syaikh Sayyid Abdullah Bin Husain Bin Thahir. Kitab Sullam at-Taufi<q membahas mengenai pokok atau dasar materi fikih yang ringan untuk di pelajari, serta memiliki beberapa persamaan pembahasan yang dalam Buku Ajar Fikih Kelas X MA Peminatan Keagamaan. Meskipun begitu, ada beberapa pembahasan fikih yang terdapat dalam kitab Sullam at-Taufi<q tetapi belum tercantum pada materi pelajaran fikih kelas X MA Peminatan Keagamaan. Dari keterangan tersebut menjadikan alasan yang kuat penulis untuk meneliti lebih dalam kitab tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Untuk menjelaskan materi fikih dalam kitab Sullam at-Taufi<q Karya Syaikh Sayyid Abdullah Bin Husain Bin Thahir. 2) Untuk menejelaskan materi pelajaran fikih kelas X MA Peminatan Keagamaan. 3) Untuk menjelaskan pengembangan materi fikih dalam kitab Sullam at-Taufi<q karya Syaikh Sayyid Abdullah Bin Husain Bin Thahir terhadap materi pelajaran fikih kelas X MA Peminatan Keagamaan
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenisnya yaitu library research (penelitian kepustakaan), dengan menggunakan teknik analisis konten. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kitab Sullam at-Taufi<q dan Buku Ajar Fikih Kelas X MA Peminatan Keagamaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu (a) meringkas data untuk memahami makna (b) mempelajari kata kunci (c) mengembangkan data (d) melakukan analisis pengembangan dan diakhiri dengan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa: (1) Materi fikih dalam kitab Sullam at-Taufi<q terdiri dari 7 bab pembahasan yaitu thaharah, shalat, jenazah, puasa, zakat, haji dan umrah serta muamalah. (2) Materi pelajaran fikih kelas X MA Peminatan Keagamaan secara umum pembahasannya lebih terperinci dan terdiri dari 11 bab pembahasan. (3) Pengembangan materi fikih dalam kitab Sullam at-Taufi<q terhadap materi pelajaran fikih kelas X MA Peminatan Keagamaan yaitu mencakup bab thaharah dan shalat. Adapun materi tersebut diantaranya syarat-syarat bersuci, kewajiban bersuci atau istinjak, syarat-syarat shalat diterima (sah shalat), ketentuan shalat jamaah dan kewajiban atas imam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:50
Last Modified: 14 Jun 2023 07:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24590

Actions (login required)

View Item View Item