Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Pacitan tahun Ajaran 2021/2022

Fitriani, Anisa Assafira (2023) Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Pacitan tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI FULL ANISA ASSAFIRA 208180011.pdf

Download (902kB)

Abstract

ABSTRAK

Fitriani, Anisa Assafira. 2022. Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Risma Dwi Arisona, M.Pd

Kata Kunci : Simulasi, Mitigasi Bencana, IPS Terpadu

Kabupaten Pacitan merupakan daerah yang rawan terjadi bencana dikarenakan wilayahnya yang berada di selatan jawa yang dimana daerah tersebut berpotensi bencana seperti gempa bumi, tsunami maupun banjir. Daerah Selatan Jawa mempunyai tingkat rawan gempa yang cukup tinggi dikarenakan adanya pergerakan lempeng indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. Selain rawan akibat adanya gempa bumi dari tumbukan 2 lempeng, daerah selatan jawa juga sangat rawan gempa bumi. Permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan Kabupaten Pacitan sendiri merupakan salah satu daerah yang rawan akan terjadinya bencana karena berada di wilayah selatan jawa yang seringkali terjadi bencana, dan di Kabupaten Pacitan sendiri kurang adanya pendidikan kebencanaan yang dilakukan di sekolah-sekolah. Sehingga perlu di adakannya penerapan simulasi mitigasi bencana gempa bumi ini di MTs Negeri 1 Pacitan dikarenakan termasuk daerah yang rawan terjadi bencana gempa.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Pacitan (2) Untuk mengetahui hasil Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Pacitan. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara langsung dan bertahap oleh peneliti selama II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTs Negeri 1 Pacitan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap urutan kegiatan penelitian ada 4 yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan pengetahuan kebencanaan siswa mengenai simulasi mitigasi bencana gempa bumi pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Pacitan dengan sangat baik. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 8 siswa dengan persentase 25%. Kemudian pada siklus II mendapatkan nilai yang juga mencapai KKM terdapat 23 siswa dengan persentase 71%. Dengan demikian kegiatan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan pengetahuan kebencanaan siswa. Rata-rata nilai siswa pada siklus I sebanyak 55,78 naik sebanyak 14,06 menjadi 69,84 pada siklus II dengan jumlah siswa sebnayak 32 dengan KKM 69.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:47
Last Modified: 14 Jun 2023 07:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24587

Actions (login required)

View Item View Item