Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Makanan, Minuman, Binatang Halal Dan Haram Kelas VIII MTs Putri Ma'arif Ponorogo

Kusumaningtias, Dyah Milenia Fitri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Makanan, Minuman, Binatang Halal Dan Haram Kelas VIII MTs Putri Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 201180068 DYAH MILENIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Milenia F.K, Dyah. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Makanan, Minuman, Binatang Halal Dan Haram Kelas VIII MTs Putri Ma’arif Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani M.Pd.I
Kata Kunci: Hasil Belajar, Fikih dan Metode Snowball Throwing
Fikih merupakan pendidikan yang mempelajari ilmu ijtihad yang menghimpun jenis hukum Islam dan aturan hidup bagi seseorang. Fikih membahas tata cara beribadah, rukun Islam dan hubungan manusia yang sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah. Mempelajari ilmu fikih sangat penting bagi seorang siswa agar dapat mengetahui hukum yang baik dan benatr sesuai dengan akidah yang ada.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa dengan menggunakan metode Snowball Throwing.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A MTs Putri Ma’arif Ponorogo yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif.
Hasil dari penelitian yaitu pada setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan. Pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau sebesar 35,72% dan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa atau sebesar 64,28%. Kemudian pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau sebesar 71,42% dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa atau sebesar 28,58%. Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau sebesar 92,85% dan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa atau sebesar 7,15%. Jadi pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 35,70% dan dari siklus II terjadi peningkatan sebesar 21,43%. Pada keaktifan siswa ada peningkatan yang dilakukan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata keaktifan siswa pada siklus I sebesar 76% dengan kategori “Baik”. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai keaktifan sebesar 86% berada kategori keaktifan siswa “Baik Sekali”. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Snowball Throwing pada siswa kelas VIII A MTs Putri Ma’arif Ponorogo dengan materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal serta menjauhi yang haram dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:44
Last Modified: 14 Jun 2023 07:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24584

Actions (login required)

View Item View Item