Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Hikmah, Nikmatil (2023) Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190052_NIKMATIL HIKMAH_MPI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Hikmah, Nikmatil. 2023. Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Rahmi Sonia, M. Pd. I.
Kata Kunci: Kebijakan, Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik Guru
Kompetensi pedagogik guru memiliki konstribusi yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas mengajar guru, dimana dengan adanya berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru seperti guru yang mengalami kesulitan dalam mengaktifkan kelas, guru yang kurang memahami karateristik peserta didik karena banyaknya jumlah peserta didik, dan guru yang kurang memahami berbagai strategi pembelajaran. Dari berbagai permasalah tersebut dibutuhkan kebijakan kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru agar pembelajaran yang dilakukan bisa berlangsung dengan baik. Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo merupakan madrasah yang memiliki jumlah peserta didik dalam jumlah yang sangat besar sehingga untuk mengkoordinir peserta didik dibutuhkan kebijakan kepala madrasah khususnya mengenai kompetensi pedagogik guru agar pembelajaran di dalam kelas dapat berjalan secara kondusif .
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis implikasi kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan keputusan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yaitu dapat dilihat dari kebijakan dari segi makro dan mikro. Kebijakan dari segi makro yaitu rencana kerja tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan harian. Sedangkan kebijakan dari segi mikro kepala madrasah mengikutsertakan guru untuk mengikuti kegiatan PKG, PPG, MGMP, mengadakan workshop, mengadakan rapat, supervisi kunjungan kelas, pembinaan RPP, pembuatan soal, lomba guru berprestasi, selapanan, ziaroh makam auliya’, dan evaluasi pembelajaran. (2) Pelaksanaan kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yaitu perencanaan tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan harian, pembuatan soal, pemasangan LCD, dan kegiatan ekstrakurikuler (EKSMADHA). (3) Implikasi kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan

kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yaitu dapat dilihat ouput dan outcame. Dari segi output bisa dilihat dari dampak yang dihasilkan oleh guru dan peserta didik. Dampak yang dihasilkan oleh guru yaitu guru yaitu lebih profesional dalam bekerja, guru mampu memahami karateristik peserta didik, dan mendapatkan prestasi. Sedangkan, dampak yang dihasilkan bagi peserta didik yaitu mengahsilkan peserta didik jurur dan sopan, mendapat prestasi akademik dan non akadmik, dan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan KKM. Dari segi outcame bisa dilihat dari rasa tanggung jawab guru dan kepedulian peserta didik dalam menjalankan tugasnya masing-masing, guru mendapatkan pengetahuan melalui program pelatihan dan pengembangan, dan guru mendapat prestasi melalui karya ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: nNur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:00
Last Modified: 14 Jun 2023 06:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24579

Actions (login required)

View Item View Item