STRATEGI PUBLIC RELATION DEALER MOTOR NUSANTARA SURYA SAKTI MADIUN DALAM MEMPERTAHANKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN

Fitriyani, Diyan (2023) STRATEGI PUBLIC RELATION DEALER MOTOR NUSANTARA SURYA SAKTI MADIUN DALAM MEMPERTAHANKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Etheses-Diyan-302180013.pdf

Download (970kB)

Abstract

ABSTRAK
Fitriyani, Diyan. 2023. Strategi Public Relation Dealer Nusantara Surya Sakti
Dalam Mempertahankan Kepercayaan Konsumen. Skripsi. Jurusan
Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuliddin, Adab dan
Dakwah Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Andhita
Risko Faristiana, M. A.
Kata Kunci : Strategi, Public Relation, Kepercayaan Konsumen, Dealer
Nusantara Surya Sakti
Banyak perusahaan di kota Madiun yang bersaing untuk menarik perhatian,
memberikan fasilitas maupun pelayanan yang dirancang. Berbagai macam upaya
dilakukan agar dapat menarik minat masyarakat. Sehingga setiap perusahaan
membutuhkan public relation untuk mempertahankan kepercayaan konsumen.
Langkah untuk mempertahankan kepercayaan konsumen ialah mengefektifkan
public relation melalui strategi yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public
relation Dealer Nusantara Surya Sakti Madiun dalam mempertahankan
kepercayaan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif dengan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi. Strategi yang diterapkan sesuai dengan Strategi Planning for Public
Relation oleh Ronald D. Smith yang dinamai dengan the Nine Steps of Strategic
Public Relation (Sembilan langkah yang dibagi dalam tiga tahap). Informan dalam
penelitian meliputi leader/ pelaku public relation, sales lapangan/ pelaku public
relation, konsumen. Hasil perolehan data dilakukan analisis data berupa reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil peneliti setelah menganalisis dan mengumpulkan data menemukan
bahwa strategi yang digunakan Dealer Nusantara Surya Sakti Madiun dalam
mempertahankan kepercayaan konsumen yaitu dilakukan dengan empat tahap
diantaranya: formative research, melihat situasi dan kondisi baik itu dari segi harga,
pasar dan minat publik serta permasalahan-permasalahan yang sekiranya harus
dievaluasi lebih awal pada program yang direncanakan, terakhir menganalisis target
konsumen.Tahap Strategi membuat goals, merencanakan kegiatan-kegiatan dan
membina komunikasi yang countinue serta memberikan selalu memberikan
informasi bagi konsumen. Tahap taktik dengan membuat media komunikasi
melalui brosur, website dan media sosial serta memberikan informasi face to face
kepada konsumen. dan Tahap evaluasi keseluruhan perencanaan, implementasi
dilapangan dan menghasilkan solusi untuk kemajuan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana, M.A.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:59
Last Modified: 14 Jun 2023 05:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24577

Actions (login required)

View Item View Item