Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Pacitan Tahun Ajaran 2021/2022

Fitriani, Anisa Assafira (2023) Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Pacitan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI ANISA ASSAFIRA FITRIANI (1).pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Anisa Assafira Fitriani, Risma Dwi Arisona

Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
[email protected]
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
[email protected]

ABSTRACT
Pacitan regency is one of the areas is prone to disaster because it is located in the southern region of Java where disasters often occur, and in Pacitan Regency itself there is a lack of disaster education conducted in schools. So it is necessary to implement this earthquake disaster mitigasion simulasion at MTs Negeri 1 Pacitan because it is an area prone to earthquake disasters. This study aims to: (1) To find out the Application of Disaster Mitigasion Simulasion in Integrated Social Studies Learning to Increase Class VII Students Disaster Knowledge at MTs Negeri 1 Pacitan (2) To find out the result of the Application of Disaster Mitigation Simulation in Integrated Social Studies Learning to Increase Class Students Disaster Knowledge VII at MTs Negeri 1 Pacitan. This research method was carried out using Classroom Action Research which was carried out directly and gradually by the researcher during the second cycle. The subjects in this study were 32 student of class VII E MTs Negeri 1 Pacitan. Data collection techniques with observation, interviews and documentation. There are 4 stages in the sequence of research activities, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. The results of this study indicate that learning activities with the Application of Disaster Mitigation Simulation in Intregated IPS Learning can very well increase students disaster knowledge regarding earthquake disaster mitigation simulastion in class VII student of MTs Negeri 1 Pacitan. In cycle I, 8 students achieved KKM with a percentage of 25%. Then in a cycle II to get a score that also reached the KKM there were 23 students with a percentage of 71%. Thus the learning activities in cycle I was 55,78 increasing by 14,06 to 69,84 in cycle II with a total of 32 student with a KKM of 69.
Keywords : Simulation, Disaster Mitigation, Intregrated IPS
ABSTRAK
Kabupaten Pacitan merupakan salah satu daerah yang rawan akan terjadinya bencana karena berada di wilayah selatan jawa yang seringkali terjadi bencana, dan di Kabupaten Pacitan sendiri kurang adanya pendidikan kebencanaan yang dilakukan di sekolah-sekolah. Sehingga perlu di adakannya penerapan simulasi mitigasi bencana gempa bumi ini di MTs Negeri 1 Pacitan dikarenakan termasuk daerah yang rawan terjadi bencana gempa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Pacitan (2) Untuk mengetahui hasil Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Pacitan. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara langsung dan bertahap oleh peneliti selama II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTs Negeri 1 Pacitan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap urutan kegiatan penelitian ada 4 yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan pengetahuan kebencanaan siswa mengenai simulasi mitigasi bencana gempa bumi pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Pacitan dengan sangat baik. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 8 siswa dengan persentase 25%. Kemudian pada siklus II mendapatkan nilai yang juga mencapai KKM terdapat 23 siswa dengan persentase 71%. Dengan demikian kegiatan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan pengetahuan kebencanaan siswa. Rata-rata nilai siswa pada siklus I sebanyak 55,78 naik sebanyak 14,06 menjadi 69,84 pada siklus II dengan jumlah siswa sebnayak 32 dengan KKM 69.
Kata Kunci : Simulasi, Mitigasi Bencana, IPS Terpadu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:58
Last Modified: 14 Jun 2023 05:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24576

Actions (login required)

View Item View Item