..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBIASAAN MUROJAAH DALAM MENGAJAR HAFALAN DOA-DOA PADA ANAK DI TPQ ULUL AZMI SIMO KWADUNGAN NGAWI

Azizah, Nova Lutfifatul (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBIASAAN MUROJAAH DALAM MENGAJAR HAFALAN DOA-DOA PADA ANAK DI TPQ ULUL AZMI SIMO KWADUNGAN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190199_Nova Lutfifatul Azizah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Azizah, Nova Lutfifatul. 2023, Implementasi Strategi pembiasaan Murojaah Dalam Mengajar Hafalan Doa-Doa Pada Anak Di TPQ Ulul Azmi Simo Kwadungan Ngawi, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Safiruddin Al Baqi, M. A.
Kata Kunci: Strategi pembiasaan1, Hafalan Doa-Doa2, TPQ.3
Taman Pendidikan Al-Quran atau sering disebut TPQ merupakan pendidikan non formal yang memiliki konstribusi dalam membina, mendidik, dan membimbing anak dalam menanamkan pendidikan Islam, seperti pengajaran membaca Al-Quran sejak dini, ibadah, tajwid, dan lain sebagainya. Namun, dalam proses pembelajaran banyak terjadi fenomena yang muncul ditengah-tengah pembelajaran yang menjadi perhatian khusus. Salah satunya yaitu kurangnya kemampuan anak dalam menghafal doa-doa. Dalam mengatasi fenomena tersebut, Pengajar memerlukan suatu metode belajar mengajar yang praktis dan efisien. Sehingga para Ustadzah di TPA Ulul Azmi menerapkan strategi pembiasaan murojaah untuk mengembangkan hafalan doa-doa pada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi strategi pembiasaan murojaah hafalan doa-doa pada anak di TPA Ulul Azmi Simo Kwadungan Ngawi, (2) Perkembangan hafalan doa-doa pada anak dengan menggunakan strategi pembiasaan murojaah di TPA Ulul Azmi Simo Kwadungan Ngawi, (3) faktor pendukung dan penghambat strategi pembiasaan murojaah hafalan doa-doa pada anak di TPA Ulul Azmi Simo Kwadungan Ngawi.
Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan menggunakan data primer melalui wawancara dan observasi dari Ustadzah, santri, dan wali santri dan data sekunder melalui data pendukung meliputi dokumen, foto, dan lain sebagainya. Untuk analisis data menggunakan Miles, dan Huberman dengan tahapan kondensasi, display data, dan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu (1) Penerapan metode murojaah dalam menghafal doa-doa dilakukan setiap hari ketika santri hendak memulai pembelajaran dan dilakukan setiap hari oleh anak berusia 3-14 tahun. (2) Untuk mengetahui perkembangan dari diterapkanya metode murojaah dalam menghafal doa-doa, TPQ dapat menyediakan buku prestasi santri atau buku target hafalan. Perkembangan santri dalam menghafal doa-doa dapat dilihat melalui hasil dari merode pembiasaan murojaah itu sendiri yaitu anak dapat meningkatkan hafalan doa anak, dapat menerapkan doa dikehidupan sehari-hari, bahkan dapat membentuk akhlak yang baik bagi anak. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pembiasaan murojaah di TPQ terdapat adanya faktor dari dalam dan luar anak. Faktor dari dalam merupakan faktor yang mempengaruhi anak dari dalam anak itu sendiri. Begitupun sebaliknya, faktor dari luar anak adalah faktor yang mempengaruhi anak dari luar seperti lingkungan, fasilitas, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:31
Last Modified: 14 Jun 2023 05:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24561

Actions (login required)

View Item View Item