..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Menguasai Mufradat Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VI MIN 6 Ponorogo

Elviyanti, Elma (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Menguasai Mufradat Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VI MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ELMA ELVIYANTI_203190038_SKRIPSI E-THESIS-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Index Card Match, Penguasaan Mufradat Bahasa Arab
Rendahnya penguasaan mufradat dan rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat sehingga membuat siswa merasa kesulitan ketika menghafal mufradat pada pembelajaran Bahasa Arab. Metode pembelajaran dalam sebuah pendidikan memegang peranan penting. Sebab metode pembelajaran merupakan penentu keberhasilan dalam sebuah proses pembelajaran. Tanpa adanya metode yang tepat maka proses pembelajaran tidak akan berhasil maksimal. MIN 6 Ponorogo telah menggunakan metode Index Card Match untuk menguasai mufradat pada pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VI. Berdasarkan latar belakang, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode Index Card Match untuk menguasai mufradat pada pembelajaran Bahasa Arab.
Pada penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah, yaitu: (1). Bagaimana langkah-langkah metode Index Card Match pada pembelajaran Bahasa Arab di kels VI MIN 6 Ponorogo? (2). Bagaimana penguasaan mufradat siswa kelas VI MIN 6 Ponorogo menggunakan metode Index Card Match? (3). Apa saja faktor penghambat pada pembelajaran Bahasa Arab di kelas VI MIN 6 Ponorogo?
Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data berupa narasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 dan 26 Januari 2023 tepatnya di kelas VI MIN 6 Ponorogo yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket, lembar observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Langkah-langkah metode Index Card Match yang digunakan guru ketika proses pembelajaran Bahasa Arab sudah dijalankan dengan baik, yaitu mulai dari langkah pertama sampai langkah terakhir. Karena sebelum proses pembelajaran berlangsung guru telah mempersiapkan dengan baik. (2). Penguasaan mufradat siswa menggunakan metode Index Card Match dapat dikatakan sangat baik. Metode pembelajaran ini berdampak baik terhadap nilai siswa dan memudahkan siswa dalam menghafal mufradat Bahasa Arab. Terbukti ada 15 siswa mendapat nilai 100 dan 15 siswa mendapat nilai 70, 80 dan 90. (3). Faktor penghambat dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VI MIN 6 Ponorogo adalah: (a). Ada beberapa siswa yang belum bisa membaca dan menulis Arab. (b). Kurangnya perhatian dari orang tua. (c). Rendahnya motivasi belajar siswa. (d). Rendahnya penguasaan mufradat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:29
Last Modified: 14 Jun 2023 05:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24559

Actions (login required)

View Item View Item