ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT PERTANIAN OLEH REMAJA MASJID BAITUL MUSTOFA DI DESA GORANGGARENG KECAMATAN NGUNTORONADI KABUPATEN MAGETAN

Binarti, Binarti (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT PERTANIAN OLEH REMAJA MASJID BAITUL MUSTOFA DI DESA GORANGGARENG KECAMATAN NGUNTORONADI KABUPATEN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210216086_binarti_HES.pdf

Download (2MB)

Abstract

Binarti, 2021. Analisis Hukum Islam Terhadap Pengelolaan Zakat Pertanian Oleh Remaja Masjid Baitul Mustofa di Desa Goranggareng Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag.

Kata kunci / keyword : Hukum Islam, Pengelolaan, Zakat Pertanian

Zakat adalah ibadah yang berakaitan dengan harta benda yang telah disepakati (maaliyyah ijtima’iyah) yang memiliki posisi strategis, dan merupakan hal yang baik dilihat dari sisi ajaran islam maupun dari pembangunan kesejahteraan umat. Zakat pertanian merupakan bagian dari zakat mal. Zakat pertanian adalah zakat yang objeknya meliputi suatu hasil dari tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-sayuran, yang menjadi makanan pokok bagi manusia. Menurut hukum islam amil adalah orang yang diangkat oleh pemerintah yang tugasnya mengelola zakat. Namun di Desa Goranggareng menjadikan remaja masjid sebagai panitia zakat sekaligus sebagai pengelola zakat pertanian, akan tetapi mereka belum memiliki legalitas untuk menjadi pengelola zakat ataupun menjadi amil. Dan dalam pengumpulan dan pendistribusiannya masih kurang maksimal dan belum tepat kepada sasaran zakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis hukum islam terhadap status remaja masjid sebagai pengelola zakat pertanian di Desa Goranggareng Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan? (2) Bagaimana analisis hukum islam terhadap pendistribusian zakat pertanian oleh remaja masjid di Desa Goranggareng Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan data wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis induktif yang merupakan proses berpikir dari fakta-fakta empiris yang didapat saat di lapangan yang kemudian di analisis, ditafsirkan, dan disimpulkan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) terkait remaja masjid sebagai pengelola zakat pertanian dari aspek hukum islam sebenarnya mereka telah memenuhi syarat-syarat untuk menjadi amil. Tetapi secara hukum dan undang-undang sesuai dengan UU No.23 tahun 2011 dan PMA No.5 tahun 2016 mereka belum memenuhi salah satu syarat yaitu, SK legalitas sebagai amil. (2) Terkait pendistribusianya sudah sesuai dengan syariat Islam, namun fokus pendistribusian zakat hasil pertanian yang dilakukan oleh remaja masjid adalah hanya untuk kepentingan masjid. Akan lebih baik diutamakan untuk fakir miskin karena masih banyak masyarakat fakir miskin di Desa Goranggareng.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MOH, MUNIR
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:24
Last Modified: 14 Jun 2023 05:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24555

Actions (login required)

View Item View Item