Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V MIN 7 Ponorogo

Atikah, Atikah (2023) Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V MIN 7 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190019_ATIKAH_PGMI a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Atikah, 2023. Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V MIN 7 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institus Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M. Pd.

Kata Kunci : Model TGT, Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar IPA
Pembelajaran adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Berdasarkan data yang diambil dari MIN 7 Ponorogo melalui nilai tes tulis IPA siswa kelas V dalam materi sistem pernapasan hewan dan manusia, nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM yaitu 70. Guru memiliki kecenderungan menggunakan metode pembelajran konvensional saat mengajar sehingga siswa cenderung pasif karena kurang dilibatkan dan hanya menerima apa yang disampaikan guru. Sehingga menjadi pemicu rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diampaikan oleh guru. Untuk itu peneliti menggunakan model pembelajaran Model Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan ular tangga yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitin ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 7 Ponorogo dapat meningkat dengan penerapan model Teams Games Tournament (TGT), (2) untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa kelas V MIN 7 Ponorogo dengan penerapan model Teams Games Tournament (TGT).
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus PTK terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi
Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut (1) Hasil Belajar IPA terjadi peningkatan, pada siklus I mendapat presentase sebanyak 48,3% menjadi 79,3%. (2) keaktifan belajar siswa juga terjadi peningkatan, pada siklus I mendapat presentase 17,24% menjadi 82,75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:23
Last Modified: 14 Jun 2023 05:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24551

Actions (login required)

View Item View Item