Pengaruh Pembelajaran PAI dan Lingkungan Keluarga terhadap Karakter Peserta Didik Kelas X di SMK N 4 Kota Madiun Tahun Ajaran 2022/2023

Hargianti, Nurul 'Alimatul (2023) Pengaruh Pembelajaran PAI dan Lingkungan Keluarga terhadap Karakter Peserta Didik Kelas X di SMK N 4 Kota Madiun Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurul 'Alimatul Hargianti (201190439).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karakter menjadi dasar hidup yang dimiliki setiap individu dan menjadi pembeda antar setiap individunya. Setiap individu dapat mencerminkan sikap dan perilaku yang sifatnya baik maupun buruk dalam kehidupan sehari-hari. Jika berbicara mengenai realita sekarang, masih banyak ditemukan karakter individu yang tidak baik, terutama pada anak-anak remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Hal ini terjadi karena dua hal ini, yaitu faktor pembelajaran PAI dan lingkungan keluarga. Dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, melalui wawancara dengan guru bidang kesiswaan di SMK N 4 Kota Madiun, ternyata masih banyak peserta didik yang berperilaku tidak sopan, suka bolos pelajaran, berbohong kepada sesama teman, berkata tidak pantas kepada teman maupun guru, bahkan ada yang merokok di area sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah pembelajaran PAI berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik kelas X di SMK N 4 Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023; (2) mengetahui apakah lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik kelas X di SMK N 4 Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023; (3) mengetahui apakah pembelajaran PAI dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik kelas X di SMK N 4 Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di SMK N 4 Kota Madiun. Adapun sampel yang diambil oleh peneliti adalah 182 responden. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) pembelajaran PAI berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik kelas X di SMK N 4 Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023 dengan besarnya pengaruh adalah 14,1%; (2) lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik kelas X di SMK N 4 Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023 dengan besarnya pengaruh adalah 2,6%; (3) pembelajaran PAI dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik kelas X di SMK N 4 Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023 dengan besarnya pengaruh adalah 14,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:24
Last Modified: 14 Jun 2023 03:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24543

Actions (login required)

View Item View Item