Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Poster Pada Siswa Kelas IV SDN Tladan 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2022/2023

Vipbiola, Deby (2023) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Poster Pada Siswa Kelas IV SDN Tladan 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190135_DEBY VIPBIOLA_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Vipbiola, Deby. 2023. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Poster Pada Siswa Kelas IV SDN Tladan 1 Kecamatan Kawedanan
Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian
Pancarrani, M.Pd.
Kata Kunci: Peningkatan, Menulis Cerita Pendek, Media Poster

Fenomena yang masih terjadi saat ini adalah hasil belajar siswa yang tidak
maksimal. Berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan beberapa siswa kelas IV SDN
Tladan 1 masih memperoleh nilai di bawah rata-rata khususnya pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang monoton dan pembelajaran
hanya berpusat pada guru, sehingga berdampak pada hasil belajar yang tidak maksimal dan siswa tidak dapat mencapai nilai pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Oleh sebab itu, perlu adanya perbaikan yang dilakukan dalam penelitian untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang bervariasi di dalam kegiatan belajar mengajar sangat penting bagi guru dan siswa. Penggunaan
media pembelajaran yang bervariasi tidak akan membuat siswa merasa jenuh dan bosan
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran dilakukan dengan
media yang relevan. Pada lingkungan sekolah terdapat banyak media yang dapat
dijadikan bahan pembelajaran. Oleh sebab itu, media yang relevan yaitu media poster, karena poster banyak tertempel di lingkungan sekolah sehingga siswa akan mudah tertarik untuk mempelajarinya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan media poster pada keterampilan menulis cerita pendek siswa, dan (2) mendeskripsikan peningkatan
keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SDN Tladan 1, Kecamatan
Kawedanan, Kabupaten Magetan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara
langsung dan bertahap oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tladan 1 yang berjumlah 13 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes menulis cerita pendek melalui media poster serta observasi aktivitas guru dan siswa. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran menulis cerita pendek melalui
media poster pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bahwa (1) penerapan media poster
pada keterampilan menulis cerita pendek sangat membantu dalam proses belajar menulis cerita pendek menjadi lebih maksimal, (2) hasil tes siswa meningkat secara baik ditunjukkan dengan persentase nilai tes siswa pada setiap siklus, yaitu siklus I sebesar 46% dan pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian proses pembelajaran dan hasil belajar di setiap siklus mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:23
Last Modified: 14 Jun 2023 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24542

Actions (login required)

View Item View Item