MEMBANGUN KEMITRAAN DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (DUDI) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK PGRI 2 PONOROGO

Maydatullaela, Maydatullaela (2023) MEMBANGUN KEMITRAAN DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (DUDI) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK PGRI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190046_MAYDATULLAELA_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maydatullaela. 2023. Membangun Kemitraan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kemitraan, DUDI, Mutu Lulusan

Pendidikan bidang kejuruan di Indonesia dilaksanakan melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK diharapkan mampu menciptakan lulusan yang siap bekerja. Namun pada kenyataanya keterserapan lulusan SMK masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara membangun kemitraan dengan DUDI. Membangun kemitraan sangat penting untuk menigkatkan mutu lulusan lembaga pendidikan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memaparkan langkah-langkah membangun kemitraan dengan DUDI, (2) mendeskripsikan model kemitraan sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan, (3) mengukur keberhasilan dalam membangun kemitraan untuk meningkatkan mutu lulusan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, tampilan data, dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Langkah-langkah membangun kemitraan dengan DUDI di SMK PGRI 2 Ponorogo; a) menentukan tujuan sekolah membangun relasi dengan DUDI, b) melakukan identifikasi internal lembaga, c) melakukan sosialisasi, d) melakukan perencanaan program, e) melakukan kesepakatan dan kesepahaman. (2) Model kemitraan dengan DUDI sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan di SMK PGRI 2 Ponorogo; a) model jaringan kerja berupa kelas-kelas industri, b) model kolaborasi berupa rekrutmen peserta didik/ alumni, PKL, bantuan tenaga pengajar. (3) Keberhasilan dalam membangun kemitraan untuk meningkatkan mutu lulusan di SMK PGRI 2 Ponorogo; a) aspek akademik berupa Meningkatnya kompetensi peserta didik, serta terdapat beberapa prestasi yang diraih peserta didik dalam perlombaan, selain itu juga terdapat penyelengaraan UKK yang diselengarakan bersama dengan beberapa perusahaan, b) aspek non akademik berupa meningkatnya aspek keingintahuan yang tinggi, serta aspek sosial peserta didik yang berupa rasa kasih sayang yang tinggi terhadap sesama dan solidaritas yag tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:21
Last Modified: 14 Jun 2023 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24540

Actions (login required)

View Item View Item