Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MAN 2 Kabupaten Madiun

Azizah, Munafatin Nur (2023) Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MAN 2 Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190101_MUNAFATIN NUR AZIZAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Azizah, Munafatin Nur. 2023. Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MAN 2 Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen, Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Athok Fu’adi, M.Pd.

Kata Kunci: Kepala Madrasah, Kualitas, Sumber Daya Manusia

Keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sangat penting bagi mendorong kemajuan suatu madrasah. Madrasah dengan fasilitas yang memadai tidak luput dari kepala madrasah yang berkewajiban melakukan pembinaan terhadap sumber daya manusia yang tersedia seperti tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, agar memiliki kemampuan yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, (2) Peran kepala madrasah sebagai innovator dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, (3) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan; a). Memberdayakan SDM untuk saling bekerja sama; b). Merencanakan Langkah-langkah peningkatan SDM; c). Mengorganisasikan tenaga pendidik dan kependidikan dengan melibatkan, membagi tugas, dan membagi tim structural; d). Melaksanakan program dengan mengembangkan potensi dan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi; e). Mengevaluasi dengan memantau progress yang telah dilaksanakan dan melakukan evaluasi. (2) Peran kepala madrasah sebagai innovator dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan; a). Mengadakan studi banding di madrasah lain; b). Melaksanakan pengembangan IPTEK bidang keterampilan dengan UNESA; c). Melakukan inovasi dalam pembelajaran yakni penggunaan kurikulum merdeka untuk kelas X; d). Menjadi contoh teladan dan panutan dalam upaya perbaikan; e). Melaksanakan pembinaan dan pengembangan berupa koordinasi. (3) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan; a). Melakukan supervisi kepada tenaga pendidik dan kependidikan; b). Melakukan supervisi dengan kunjungan kelas dan melaksnaakan bimbingan secara personel; c). Menyiapkan berkas supervisi, berupa instrument supervisi dan lembar pengamatan; d). Melakukan tindak lanjut berupa evaluasi terhadap hasil supervisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:32
Last Modified: 14 Jun 2023 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24531

Actions (login required)

View Item View Item