Studi Komparatif Pemikiran M. Quraish Shihab dan Munawir Sjadzali tentang Pembagian Waris Perspektif Keadilan Gender

Azizah, Amelia Nur (2023) Studi Komparatif Pemikiran M. Quraish Shihab dan Munawir Sjadzali tentang Pembagian Waris Perspektif Keadilan Gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210116067_AMELIA NUR AZIZAH_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK

Azizah, Amelia Nur. 2023. Studi Komparatif Pemikiran M. Quraish Shihab Dan Munawir Sjadzali Tentang Pembagian Waris Perspektif Keadilan Gender. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Drs. H. M. Muhsin, M.H.
Kata Kunci: M. Quraish Shihab Dan Munawir Sjadzali, Pembagian Waris, Keadilan Gender.

Merebaknya isu gender dalam kurun waktu terakhir ini, mengakibatkan masyarakat menuntut adanya keadilan dalam pembagian waris secara sama rata antara laki-laki dan perempuan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di dalam hukum waris pembagian waris berbanding 2:1 antara laki-laki dan perempuan, yang berarti laki-laki dua kali lebih banyak mendapatkan warisan daripada perempuan. Pada pemikiran dua tokoh dalam pembagian waris yaitu M. Quraish Shihab dan Munawir Sjadzali walaupun terlihat berbeda akan tetapi tujuannya sama. Skripsi ini meneliti pemikiran dua tokoh tersebut dalam pembagian waris dengan menggunakan pendekatan keadilan gender. Dari pembahasan keadilan gender ini terdapat dua sudut pandang yaitu bayani dan burhani.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sudut pandang keadilan gender yang dipakai oleh M. Quraish Shihab dan Munawir Sjadzali dalam pembagian waris. Rumusan masalahnya adalah 1. Bagaimana analisis keadilan gender terhadap hasil pemikiran M. Quraish Shihab dan Munawir Sjadzali dalam pembagian waris ?; 2. Bagaimana analisis keadilan gender terhadap istinbath dari argumentasi pemikiran M. Quraish Shihab dan Munawir Sjadzali dalam pembagian waris ? Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (library research) dengan penelitian kualitatif. Dalam prosedur penelitian ini yang menekankan pada kedalaman data kualitatif dan analisisnya.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa yang pertama, menurut M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Mishbah bahwa pembagian waris antara laki-laki dan perempuan dengan perbandingan 2:1 bersifat tidak dapat dirubah dan tidak dapat di nalar karena memakai dasar hukum surat an-Nisa’ ayat 11. Dan karya lain dari M. Quraish Shihab yaitu anda bertanya, Quraish Shihab menjawab, menjelaskan bahwa memperbolehkan pembagian waris 1:1 dengan adanya kesepakatan seluruh pihak. Namun lain hal nya dengan Munawir Sjadzali yang menggunakan nalar untuk membagi waris karena adanya perkembangan di dalam masyarakat. Kedua, Pemikiran dari M. Quraish Shihab dan Munawir Sjadzali yang berbeda dalam perbandingan pembagian waris antara laki-laki dan perempuan, pada intinya mereka memiliki tujuan yang sama yaitu berkeadilan. Dari sisi keadilan gender, pemikiran mereka tentang pembagian waris mempunyai sudut pandang tersendiri. Dalam pemikiran M. Quraish Shihab, sudut pandang keadilan gender yang dipakai pada pembagian waris yaitu keadilan gender perspektif bayani. Sedangkan pemikiran Munawir Sjadzali sudut pandang keadilan gender yang dipakai pada pembagian waris yaitu keadilan gender perspektif burhani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Muhsin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:02
Last Modified: 14 Jun 2023 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24514

Actions (login required)

View Item View Item