Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Ajaran Kerohanian Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat IAIN Ponorogo

Subakti, Amin (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Ajaran Kerohanian Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI AMIN SUBAKTI 2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Subakti, Amin. 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Ajaran Kerohanian Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo, M.Pd.I.

Kata Kunci: Internalisasi, Moderasi, Kerohanian, PSHT

Dalam setiap interaksi yang terjadi pada tatanan kehidupan bermasyarakat tentu akan ada banyak perbedaan dari segi perilaku kehidupan, termasuk perbedaan keyakinan pada setiap pemeluk agama. Munculnya faham radikalisme dan anti nasionalisme merupakan bahaya laten terhadap keberlangsungan kehidupan yang rukun dan damai. Moderasi beragama hadir sebagai bentuk pondasi untuk menguatkan cara pandang masyarakat, tidak hanya sebagai solusi atas problematika antar pemeluk agama tetapi juga sebagai cara bersikap dan berperilaku dalam mengatasi konflik dengan mengedepankan tindakan dan kebijakan yang penuh dengan kedamaian. Institusi Perguruan Tinggi merupakan miniatur kenegaraan yang di dalamnya terdapat berbagai latar perbedaan baik dari segi pola pemikiran maupun dari cara pandang dan perilakunya. Hal tersebut dilandasi banyaknya mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan yang berasal dari berbagai daerah. Oleh sebab itu pencak silat Persaudaraan Setia Hati Komisariat IAIN Ponorogo melalui ajaran keluhuran budi, berupaya untuk ikut menyukseskan nawa cita institusi dalam pemahaman keberagaman yang moderat dengan melakukan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ajaran kerohanian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mejelaskan proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ajaran kerohanian pada Siswa Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat IAIN Ponorogo. (2) Untuk menjelaskan konsep nilai-nilai moderasi beragama pada ajaran kerohanian Siswa Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat IAIN Ponorogo. (3) Untuk mengetahui seberapa besar dampak adanya internalisasi nilai moderasi beragama melalui ajaran kerohanian terhadap anggota Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat IAIN Ponorogo
Dalam penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, yaitu penelitian langsung di lapangan kepada koresponden. Dalam proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangakan untuk melakukan tahap analisis peneliti menggunakan tiga tahapan meliputi, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verivikasi.
Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Proses internalisai nilai-nilai moderasi beragama melalui ajaran kerohanian Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat IAIN Ponorogo yaitu memberikan pemahaman terkait dengan cara pandang, penalaran dan penerapan nilai-nilai moderasi beragama yang diajarkan melalui sistim pembinaan latihan pencak silat dengan materi kerohanian, keteladan pelatih, dan tata cara latihan. (2) Konsep nilai-nilai moderasi beragama pada ajaran kerohanian Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat IAIN Ponorogo yaitu, kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap kebudayaan, merupakan konsep dasar muatan yang dikombinasikan dengan pendidikan dan pelatihan pencak silat kepada anggota. (3 Implikasi dari adanya ajaran kerohanian terhadap anggota Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat IAIN Ponorogo yaitu, budaya tegur sapa, persaudaraan, menghargai perbedaan keyakinan, dan menyelesaikan masalah dengan musyawarah yang di praktikan dalam kegiatan sehari-hari baik dalam kegiatan latihan maupun interaksi sosial di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:03
Last Modified: 14 Jun 2023 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24513

Actions (login required)

View Item View Item