Manajemen Pengembangan Kompetensi Siswa Berbasis Kemitraan (Studi Kasus Pada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo)

Yulian, Rega Eko Nur (2023) Manajemen Pengembangan Kompetensi Siswa Berbasis Kemitraan (Studi Kasus Pada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206180115_REGA EKO NUR YULIAN_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (18MB)

Abstract

Yulian, Rega Eko Nur. 2023. Manajemen Pengembangan Kompetensi Siswa Berbasis Kemitraan (Studi Kasus Pada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Fery Diantoro, M.Pd.I

Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan Kompetensi, Siswa, Kemitraan
SMK merupakan lembaga pendidikan yang mencetak lulusannya untuk siap bekerja. Namun pada kenyataannya, lulusan SMK banyak yang belum siap untuk bekerja dan menurut BPS penduduk dengan jenjang pendidikan akhir SMK yang menganggur mencapai angka tinggi. Dengan adanya bentuk kerjasama antara sekolah dan industri yang memiliki tujuan sama yaitu mengembangkan kompetensi siswa, nantinya bisa menjadi solusi untuk lulusan agar menjadi lulusan yang siap bekerja dan dengan adanya bentuk kerjasama antara sekolah dengan industri juga bisa membuka banyak lowongan untuk lulusan yang siap bekerja.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis manajemen pengembangan kompetensi siswa berbasis kemitraan di jurusan rekayasa perangkat lunak SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo melalui (1). Perencanaan pengembangan kompetensi siswa berbasis kemitraan, (2). Pelaksanaan pengembangan kompetensi siswa berbasis kemitraan, dan (3). Evaluasi pengembangan kompetensi siswa berbasis kemitraan dalam proses meningkatkan kompetensi siswa agar sesuai dengan kompetensi yang ada di industri.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta Teknik analisis data yang digunakan yaitu data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing or verifications (penarikan kesimpulan). Dan dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (sumber, teknik, waktu).
Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Perencanaan yang dilakukan jurusan RPL SMK Negeri 1 Jenangan dalam meningkatkan kompetensi siswa bersama dengan DUDI dimulai dengan danya rapat kompetensi, MoU, Singkronisasi Kurikulum, dan Pembelajaran kelas. Dalam kegiatan pengembangan kompetensi siswa ini terdapat tiga bentuk kegiatan yaitu praktik kerja lapangan, kunjungan industry, dan guru tamu. (2) pelaksanaan kegiatan pengembangan kompetensi siswa dalam kegiatan praktik kerja lapangan siswa melaksanakan magang selama 6 bulan dengan adanya pengarahan, monitoring, sosialisasi, dan pembuatan projek. Pelaksanaan guru tamu yaitu dengan adanya pembelajaran dikelas dengan guru dari industri. Pelaksanaan kunjungan industri ada tiga kegiatan yaitu, eksplore industri, workshop, dan study tour. (3) evaluasi kegiatan praktik kerja lapangan yaitu kegiatan monitoring, demo projek, buku laporan kegiatan, buku laporan siswa, dan penilaian siswa. Evaluasi kegiatan guru tamu dan kunjungan industri yaitu buku laporan kegiatan dan rapat. Hasil kompetensi yang didapat selama kegiatan ini mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:36
Last Modified: 14 Jun 2023 03:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24508

Actions (login required)

View Item View Item