Resiliensi Ibu Orang Tua Tunggal Sebagai Pencari Nafkah

Halim, Sandra (2023) Resiliensi Ibu Orang Tua Tunggal Sebagai Pencari Nafkah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
RESILIENSI SANDRA 12 Juni 2023 + scan (pdf).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Samdra Halim, 2023. Resiliensi Ibu Orang Tua Tunggal Sebagai Pencari Nafkah. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Lia Amalia, M.Si.

Kata kunci : Resiliensi, orang tua tunggal
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi ibu sebagai orang tua tunggal pencari nafkah. Dalam keluarga utuh peran pencari nafkah lazimnya adalah seorang ayah, Akan tetapi berbeda dengan ibu sebagai orang tua tunggal yang mana harus menjalnkan peran sebagai pencari nafkah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Resiliensi ibu sebagai orang tua tunggal akibat perceraian dalam mencari nafkah. 2) Resiliensi ibu sebagai orang tua tunggal akibat kematian dalam mencari nafkah. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi orang tua tunggal pencari nafkah. 1) Resiliensi ibu I sebagai orang tua tunggal akibat perceraian dalam mencari nafkah yaitu dengan kemampuan bertahan dan beradaptasi dikondisi serba salah. Ibu I mengatasi dan menghadapi kondisi tidak menguntungkan, sehingga berubah menjadi pengalaman untuk menghadapi kesulitan. 2) Resiliensi ibu S sebagai orang tua tunggal akibat kematian dalam mencari nafkah yaitu dengan menghadapi kesulitan dan tantangan dengan melibatkan proses adaptif yang dinamis untuk menemukan mekanisme dalam mencapai hasil yang terbaik dengan memiliki keterampilan, pengetahuan, kemampuan dan wawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:37
Last Modified: 14 Jun 2023 03:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item View Item