Kerjasama Guru AKidah Akhlak Dengan Guru Bk Dalam Upaya Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa Di Madrasah Aliyah Fatwa Alim Madiun

Rokayah, Dwi (2023) Kerjasama Guru AKidah Akhlak Dengan Guru Bk Dalam Upaya Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa Di Madrasah Aliyah Fatwa Alim Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190345_Dwi Rokayah_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci:kerjasama, guru akidah akhlak, guru BK, pembinaan akhlak.
Akhlak merupakan tata norma dalam kehidupan sehari-hari sehingga
memahami akhlak merupakan masalah yang fundamental dalam islam. Akhlak
terpuji tidak bisa terbentuk dengan sendirinya melainkan membutuhkan proses
pendidikan panjang sebagaimana di MA terdapat penyimpangan sehingga perlu
adanya pembinaan akhlak melaui kerjasama guru akidah akhlak dengan guru BK
Karena guru akidah akhlak merupakan guru agama yang memiliki tugas untuk
mewujudkan peserta didik yang islami. Serta guru BK merupakan bidang yang
paling mendalami mengenai karakter peserta didik baik secara teori maupun
praktik sehingga memungkinkan berperan dalam pembinaan akhlak siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bentuk kerjasama guru
akidah akhlak dengan guru BK dalam membina akhlak terpuji siswa di Madrasah
Aliyah Fatwa Alim Madiun. (2) mengetahui program layanan bimbingan
konseling dalam membina akhlak terpuji siswa di Madrasah Aliyah Fatwa Alim
Madiun. (2) mengetahui kendala pembinaan akhlak terpuji siswa di Madrasah
Aliyah Fatwa Alim Madiun. (3) mengetahui solusi pembinaan akhlak terpuji
siswa di Madrasah Aliyah Fatwa Alim Madiun.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan
rancangan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus,. Teknik
pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik
analisis data deskriptif kualitatif menggunakan Miles dan Huberman dengan
kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) terdapat kerjasama guru
akidah akhlak dengan guru BK dalam pembinaan akhlak terpuji siswa. Bentuk
kerjasama itu meliputi guru akidah membantu mengidentifikasi, mengumpulkan
informasi serta mengalih tangankan siswa yang membutuhkan layanan BK,
selain itu terdapat kerjasama dalam berbagai program seperti sholat dhuha
berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, dinniyah, serta program khotmil Quran
yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. (2) terdapat Program tahunan BK yaitu
kegiatan guru BK yang dilaksanakan dalam 1 tahun dalam program tersebut
terdapat tiga layanan yang diberikan: layanan konseling perorangan/pribadi,
Layanan belajar, serta layanan penempatan dan penyaluran/karir. (3) Kendala
dalam pembinaan akhlak terpuji diantaranya yaitu siswa merasa malas, kurang
memiliki sopan santun, datang terlambat, siswa kurang terbuka dengan
permasalahan yang dialami serta tempat khusus layanan BK yang belum ada.
(4) Adapun solusi yang diterapkan yaitu melalui pendekatan persuasif,
dinasihati, memberikan contoh keteladanan, memantau anak setiap harinya, serta
adanya hukuman yaitu menulis ulang surah yasin dan surat pengunduran diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:35
Last Modified: 14 Jun 2023 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24504

Actions (login required)

View Item View Item