Implementasi Metode Bermain Melompat untuk Mengembangkan Fisik Motorik Kasar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TKIT 1 Qurrota A'yun Ponorogo

Azizah, Dica Nurul (2023) Implementasi Metode Bermain Melompat untuk Mengembangkan Fisik Motorik Kasar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TKIT 1 Qurrota A'yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
205190008_DICA NURUL AZIZAH_PIAUD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Azizah, Dica Nurul 2023. Implementasi Metode Bermain Melompat Untuk Mengembangkan Fisik Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TKIT 1 Qurrota A’Yun Ponorogo (Studi Kasus di TKIT 1 Qurrota A’Yun Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Safiruddin Al Baqi, MA.
Kata Kunci: Metode Bermain, Fisik Motorik, Motorik Kasar, Anak usia Dini.
Implementasi metode bermain melompat pada anak usia dini untuk mengembangkan fisik motorik kasar diperlukan, karena fisik motorik kasar dapat bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari. Kegiatan melompat merupakan kegiatan dasar yang nantinya akan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Sehingga diambil sebuah penelitian untuk melihat metode bermain melompat apakah mampu mengembangkan fisik motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi metode bermain melompat dalam mengembangkan fisik motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TKIT 1 Qurrota A’Yun Ponorogo (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode bermain melompat dalam mengembangkan fisik motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TKIT 1 Qurrota A’Yun Ponorogo, (3) mendeskripsikan efektifitas metode bermain melompat dalam mengembangkan fisik motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TKIT 1 Qurrota A’Yun Ponorogo
Dalam penelitian ini untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas TK A1, guru, serta orang tua. Sedangkan dengan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) implementasi metode bermain melompat untuk mengembangkan fisik motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun di TKIT 1 Qurrota A’Yun berkembang sesuai harapan. (2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode bermain peran, antara lain: 1) faktor penghambat dari luar yaitu suasana di lingkungan yang tidak kondusif atau anak kurang ceria saat di sekolah. Faktor penghambat dari dalam yaitu emosioanal pada diri anak yang belum stabil sehingga mood anak-anak berubah-ubah. 2) faktor pendukung dari luar yaitu, support yang diberikan oleh orang tua dan guru serta lingkungan sekitar anak yang mendukung dan membuat anak lebih ceria. Faktor pendukung dari dalam yaitu suasana hati anak yang dalam kondisi baik. (3) Pencapaian metode bermain melompat untuk mengembangkan fisik motorik kasar pada anak sudah diterapkan di TKIT 1 Qurrota A’Yun Ponorogo serta berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:44
Last Modified: 14 Jun 2023 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24498

Actions (login required)

View Item View Item