Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ponorogo

Maharani, Riska Putri (2023) Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190062_ Riska Putri Maharani_ Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya kepala sekolah memiliki kiprah yang sangat penting dalam mengembangkan dan memimpin lembaga pendidikan, karena kepala sekolah adalah salah satu pemegang kunci utama suatu keberhasilan dalam segala proses maupun hasil. Maka dari itu, kepala sekolah selaku supervisor diharapkan memberikan motivasi, pembinaan, arahan yang nantinya berguna sebagai cara meningkatkan semangat kinerja guru. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ponorogo yang berhasil menjadi sekolah favorit di Ponorogo karena kelengkapan aset serta tenaga kependidikannya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, (2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, (3) Evaluasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan d

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:45
Last Modified: 14 Jun 2023 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24495

Actions (login required)

View Item View Item