[ttd surat persetujuan publikasi harus asli] IMPLEMENTASI PROGRAM 3R SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SDN JORESAN

Azhar, Sania Barlinty (2023) [ttd surat persetujuan publikasi harus asli] IMPLEMENTASI PROGRAM 3R SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SDN JORESAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190026_Sania Barlinty_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Azhar, Sania Barlinty 2023. Implementasi Program 3R sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SDN Joresan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.

Kata Kunci: Program 3R, Pembentukan Karakter, Karakter Peduli Lingkungan
Karakter merupakan budi pekerti, kebiasaan, tabiat, watak yang dimiliki oleh setiap siswa. Implementasi nilai-nilai karakter salah satunya yaitu karakter peduli lingkungan. Seorang siswa harus memiliki karakter peduli lingkungan agar senantiasa terbiasa hidup sehat dan bersih tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga peduli akan kebersihan lingkungan sekitar. Lingkungan yang kondusif dan sehat akan menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Karakter peduli lingkungan dapat dibentuk melalui berbagai cara, salah satunya melalui implementasi program 3R.
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di SDN Joresan. (2) Mendeskripsikan hasil pembinaan karakter peduli lingkungan melalui program 3R pada peserta didik di SDN Joresan. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program 3R dalam membina karakter peduli lingkungan peserta didik di SDN Joresan.
Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dengan model Miles and Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan program 3R di SDN Joresan terintegrasi dengan mata pelajaran dan pengembangan diri, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan yaitu dengan menggunakan kurikulm 2013 dan kurikulum merdeka dengan lebih dipertajam pembahasannya mengenai lingkungan dan sekolah adiwiyata, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif yaitu memiliki jadwal piket setiap harinya; adanya program Sabtu bersih; kader adiwiyata yang diikuti oleh peserta didik, menyelenggarakan pameran produk daur ulang untuk dijadikan kerajinan tangan, pengadaan sarana prasarana seperti tersedianya tempat cuci tangan; penyediaan tempat sampah; adanya ventilasi udara alami. (2) Proses pembinaan karakter peduli lingkungan terhadap peserta didik di SDN Joresan melalui: pembiasaan, keteladanan dari tenaga pendidik, pembinaan sikap disiplin, terintegrasi dengan mata pelajaran, kegiatan rutin di sekolah, dan pengkondisian. (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program 3R dalam membentuk karakter peduli lingkungan di SDN Joresan Ponorogo diantaranya adalah Semangat dari diri siswa, karakter siswa yang patuh, dukungan dari pihak sekolah, dukungan dari orang tua/wali siswa, dan adanya kegiatan pembiasaan.sedangkan faktor penghambatnya antara lain pemahaman terhadap sampah pada bagian siswa masih kurang, sikap malas yang dimiliki sebagian siswa, sikap acuh yang dimiliki sebagian siswa, dan kesadaran peduli lingkungan masih kurang pada sebagian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:46
Last Modified: 14 Jun 2023 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24494

Actions (login required)

View Item View Item