Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XII Di MAN 2 Magetan

Afni, Siti Rosidatul Nur (2023) Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XII Di MAN 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190463_SITI ROSIDATUL NUR AFNI_PENDIDIKAN AGAMA ISAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Afni, Siti Rosidatul Nur. 2023. Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XII Di MAN 2 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Kompetensi pedagogik pada dasarnya adalah pengetahuan dan kemampuan guru dalam mendidik dan melaksanakan pembelajaran. Dalam melakukan sebuah pembelajaran yang sistematis, mungkin tidak akan lepas dari masalah/problem saat mengajar. Seperti yang ditemukan di MAN 2 Magetan, bahwa dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ada problematika yang memperhambat proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) peran kompetensi pedagogik guru sejarah kebudayaan Islam dalam perencanaan pembelajaran (2) peran kompetensi pedagogik guru sejarah kebudayaan Islam dalam pelaksanaan pembelajaran (3) peran kompetensi pedagogik guru sejarah kebudayaan Islam dalam evaluasi pembelajaran.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan dalam penelitian ini bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Magetan sudah berjalan sesuai standar kompetensi yang ada, tetapi ada permasalahan dalam perencanaan tersebut yaitu guru memiliki kesulitan dalam memenuhi tuntutan dalam sebab perubahan regulasi (aturan pemerintah) dan harus menyesuaikan dengan aturan tersebut dengan keadaan yang terjadi pada perubahan kurikulum K.13 maupun Merdeka Belajar. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu kerja sama antara guru supaya tercipta metode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah ditampung oleh peserta didik dan kerja sama dalam pembuatan RPP. (2) Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Magetan sudah sejalan sesuai RPP yang ada. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini terdapat permasalahan yang di hadapi guru seperti peserta didik yang malas untuk memperhatikan penjelasan dari guru. Dan solusi yang diberikan guru tersebut yaitu dengan menggunakan metode permainan lempar kata antar peserta didik, yang diharapkan dalam metode tersebut peserta didik berperan aktif untuk menerima materi yang disampaikan. (3) Kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Magetan sudah sesuai keinginan guru. Faktanya dalam evaluasi ini guru akan menilai peserta didiknya dari sikap keaktifan yang dimiliki, Guru juga sering melakukan tanya jawab kepadaa peserta didik untuk mengasah pemahaman dan kemampuan peserta didik. Dan rata-rata nilai sejarah kebudayaan Islam juga terbilang baik. Solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu guru harus memahami keadaan siswa tersebut dan memberikan motivasi untuk mengulas kembali materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:51
Last Modified: 14 Jun 2023 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24492

Actions (login required)

View Item View Item